Jumlah Penumpang Naik 3 Persen, Pelni Bima Siapkan 10 Kapal untuk Arus Mudik dan Balik

Iklan Semua Halaman

.

Jumlah Penumpang Naik 3 Persen, Pelni Bima Siapkan 10 Kapal untuk Arus Mudik dan Balik

Selasa, 28 Mei 2019
Plh Kepala Cabang PT Pelayaran Indonesia Bima, Budiman. Foto US Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Sejak dua  bulan terakhir jumlah penumpang kapal Pelayaran Nasional (Pelni) meningkat 3 persen sejak harga tiket pesawat naik. Demikian halnya memasuki arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

Hal tersebut diakui Pelaksana Harian Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Bima, Budiman. “Secara nasional ada peningkatan jumlah penumpang Pelni tiga persen semenjak harga tiket pesawat naik. Termasuk saat arus mudik dan arus balik nanti peningkatan tiga persen,” ujar Budiman kepada Berita11.com di Kantor Cabang Pelni Bima, Senin (27/5/2019).

Ia mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya menyiapkan 10 armada atau kapal. Setiap kapal memiliki kapasitas maksimal 1.000 penumpang, akan tetapi setiap kapal diperkirakan maksimal berisi 300 penumpang setiap trip. Sejumlah armada yang disiapkan di antaran KM Tilongkabila, KM Wilis, KM Binaya.

Dikatakannya, lonjakan penumpang dari pelabuhan Bima diperkirakan terjadi pada arus balik 9-10 Juni 2019 mendatang, ketika memasuki hari kerja. Selain itu, saat terjadi arus mahasiswa yang akan mendaftar kuliah pada pertengahan Juni 2019 tujuan Makassar.

Dari sejumlah rute pelayaran kapal Pelni, rute Bima ke Makassar dan sebaliknya adalah yang paling padat. Arus mudik dari Makassar menuju Bima mulai terjadi sejak H-15 lebaran atau pada 17 Mei 2019 lalu. “Untuk antisipasi gangguan pelayaran (trouble mesin kapal), kita sudah antisipasi. Dari Pelni pusat sudah melakukan service misalnya untuk KM Tilongkabila,” katanya.

Budiman memastikan tak ada kenaikan harga tiket kapal Pelni, kendati angkutan darat seperti bus menerapkan tuslah pada setiap lebaran. “Harga tiket kapal Pelni ini paling murah. Misalnya untuk tujuan Makassar Rp193 ribu. Makanya penumpang kita meningkat. Apalagi setelah naiknya harga tiket pesawat,” ujarnya. [US]