LBH Gurutani Bakal Diresmikan di Kabupaten Dompu

Iklan Semua Halaman

.

LBH Gurutani Bakal Diresmikan di Kabupaten Dompu

Senin, 06 Mei 2019
Saat dibentuk LBH Gurutani bersama Muttakun Laksmana Adi Putra dan Advokat Kartika Candra Difinubun beberapa waktu lalu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Lembaga Bantuan Hukun (LBH) bagi Masyarakat Guru, Buruh dan Petani (Gurutani) bakal diresmikan khusus di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.

Berdirinya LBH Gurutani ini, awalnya dirintis tiga orang yakni Muttakun, Laksmana Adi Putra dan Advokat Kartika Candra Difinubun yang rencananya akan diresmikan pada tanggal 30 September 2019 yang bertepatan dengan hari pelantikan anggota DPRD Kabupaten Dompu.

Mengingat sulitnya masyarakat yang buta hukum dan tertindas mendapatkan keadilan, dengan hadirnya Lembaga tersebut bisa memberikan bantuan hukum bagi mereka yang tidak mampu. Lembaga ini juga akan memperjuangkan hak-haknya, terutama rakyat miskin maupun guru honorer.

Salah seorang personelnya, Advokat Kartika Candra Difinubun, yang juga sebagai Lewyernya (Pengacara) kepada Berita11.com mengatakan, LBH Gurutani akan berada di sisi pergerakan kaum yang tidak mampu ketika membutuhkan perlindungan hukum.

"LBH ini bisa berkontribusi untuk ikut memberikan bantuan hukum  bagi guru, buruh, petani, peternak dan nelayan yang berada di seluruh Kabupaten Dompu," terang dia, Minggu (5/5/2019) malam.

Menurut pengacara senior ini, gagasan terbentuknya LBH yang diberi nama Lembaga Bantuan Hukum Gurutani tersebut, dilatarbelakangi maraknya kasus hukum yang terjadi di daerah ini serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang hak-hak perlindungan hukum, terutama warga miskin yang tidak mampu membayar penasihat hukum.

"Saya melihat banyak terjadi rakyat miskin yang mengalami ketidakadilan ketika menghadapi masalah hukum, yang disebabkan kemiskinanya sehingga tidak mampu membayar penasihat hukum, untuk itu saya bersama dua orang anggota yaitu Pak Muttakun sebagai ketuanya dan Laksmana Adi Putra, juga sebagai Lawyernya menyatukan visi dalam melakukan pembelaan pembelaan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Sesuai penyataan ketua LBH Gurutani Muttakun saat dibentuknya lembaga tersebut, lanjut Advokat Kartika Candra Difinubun, bahwa LBH Gurutani siap untuk konsisten, memperjuangkan kepentingan para guru di kabupaten Dompu termasuk para guru honorer serta masyarakat pada umumnya yang ingin mendapatkan keadilan dengan cara melaksanakan peran, tugas dan fungsi anggota dewan sebaik-baiknya dan sejujurnya.

"Para guru yang mendapat kesulitan dan tertimpa persoalan hukum akan didampingi oleh LBH Gurutani yang kami dirikan. Dimana lembaga ini akan bermitra dengan LBH yang memiliki kredibilitas baik yang ada di propinsi maupun di jakarta sehingga memperkuat pembelaan kepada guru, buruh dan petani miskin di kabupaten Dompu," tandasnya.

Dengan hadirnya LBH Gurutani ini, pihaknya berharap terhadap masyarakat bisa bermitra dengan baik serta memberikan kepercayaan sepenuhnya terhadap LBH.

"Mudah-mudahan lembaga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Dompu dan masyarakat juga memberikan kepercayaan sepenuhnya terhadap kami ketika ada proses hukum yang mereka hadapi," harapnya.

Untuk diketahui, Kantor LBH Gurutani diperkirakan di Jalan Udang Nomor 6 Kelurahan Karijawa Dompu. [RIS]