Nah, Enam Tenaga Kerja Asing di Kabupaten Bima belum Perpanjang Ijin, Termasuk Bos Hotel

Iklan Semua Halaman

.

Nah, Enam Tenaga Kerja Asing di Kabupaten Bima belum Perpanjang Ijin, Termasuk Bos Hotel

Selasa, 28 Mei 2019
Kolase Tenaga Kerja Asing.  Sumber: Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima mencatat dari sembilan Tenaga Kerja Asing (TKA), enam orang di antaranya belum memperpanjang ijn mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA), termasuk di antaranya Manager PT Sumbawa Point Lodge  dan pemandu Selam PT Sumbawa Komodo Selam (Kalimaya Resort).

Kepala Seksi Fasilitasi dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bima, Moeslim S.Sos mengatakan, selain sejumlah TKA yang bekerja di perusahaan tersebut, TKA lain yang belum perpanjang Imta yakni tenaga kerja pada PT BSM Lambu Kabupaten Bima dan PT Tirta Mas Mutiara.

“Ada empat orang yang sudah perpanjang IMTA. Sisanya itu belum perpanjang termasuk yang kerja di hotel di Wane dan Kalimaya,” ujar Moeslim kepada Berita11.com di kantor Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Disnakertrans Kabupaten Bima, Senin (27/5/2019).

Adapun sejumlah TKA yang belum perpanjang IMTA berasal dari Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.  Selain dari negara tersebut terdapat, TKA lain yang terdaftar di Disnakertrans yang berasal dari negara China sebanyak empat orang, dari Jepang enam orang, dan Kanada.

“Kendala utama kita selain masalah anggaran dan jumlah personel yang terbatas, juga karena lokasi pengawasan dan perusahaan itu yang jauh. Ini masalahnya juga karena tidak respon baik dari perusahaan. Seharusnya dari pihak perusahaan yang aktif mengurusnya,” katanya. [US]