Optimistis KPU Bekerja dengan Baik, HMI Komisariat Lafran Pane Harapkan Ada Layar Besar saat Rekapitulasi

Iklan Semua Halaman

.

Optimistis KPU Bekerja dengan Baik, HMI Komisariat Lafran Pane Harapkan Ada Layar Besar saat Rekapitulasi

Rabu, 01 Mei 2019
Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pejabat yang Merupakan Korps Alumni HMI. 


Bima, Berita11.com— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Lafran Pane Bima optimistis Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan bekerja dengan baik dalam menyelesaikan tahapan rekapitulasi suara dengan baik dan transparan.

Pengurus HMI Komisariat Lafran Pane Bima, Ahmad mengatakan, kesalahan input data oleh petugas KPU bisa saja akibat faktor kelelahan atau human error. Akan tetapi pihaknya meminta agar KPU bekerja dengan baik dan meminimalisasi kesalahan input data untuk mencegah keresahan dalam masyarakat.

“Masih ada kepercayaan masyarakat (terhadap KPU). Hati-hati dalam bekerja, jangan sampai hal itu terulang kembali, kesalahan input data. Human error masih bisa ditolerir, mudah-mudahan setelah kembalinya C1 atau selesai pleno tingkat PPK, KPU bisa menyiapkan layar besar sebagai bentuk keterbukaan, masyarakat bisa ikut melihat langsung proses rekapitulasi oleh KPU,” katanya melalui sambungan Ponsel, Rabu (1/4/2019).

Menurutnya, penyelenggara Pemilu terutama KPU harus mampu menyelenggarakan Pemilu dengan baik, secara terbuka atau transparan seperti yang menjadi prinsip dan azas penyelenggara Pemilu.

“Nilai-nilai demokrasi ini kita harus junjung tinggi, contohnya perolahan perolahan suara itu harus dibuka KPU lewat layar besar.  Biar masyarakat juga bisa menyaksikan langsung biar dapat mengembalikan trust kepada KPU,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada Bawaslu Kabupaten Bima mestinya memberikan catatan kepada penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan agar menempel hasil rekapitulasi di papan pengumuman atau tempat-tempat umum sehingga memimalisasi spekulasi dalam masyarakat terhadap penyelenggara Pemilu.

“Harapanya kami dari kemarin-kemarin, teman-teman Bawaslu, PPK setelah selesai pleno hasilnya harusnya ditempel di papan informmasi atau tempat umum agar masyarakat tidak bertanya-tanya. Itu sekaligus bentuk azas keterbukaan, jujur, akuntabel penyelenggara Pemilu,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh kader HMI lainnya, Abdul Karim. Ia optimistis KPU menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan baik. Untuk itu, ia berharap masyarakat agar bersabar menunggu proses rekapitulasi oleh KPU rampung.

Dirinya juga mengajak semua pihak tidak memercayai informasi sesat yang tidak jelas kebenarannya. Namun menghubungi pihak berkompeten seperti penyelenggara Pemilu jika menginginkan informasi berkaitan Pemilu secara akurat. [US]