Pengurus HMI Cabang Dompu Periode 2019-2020 Kini Dilantik

Iklan Semua Halaman

.

Pengurus HMI Cabang Dompu Periode 2019-2020 Kini Dilantik

Sabtu, 25 Mei 2019
Suasana pelantikan pengurus baru periode 2019/2020 MMI Cabang Dompu. Foto RIS

Dompu, Berita11Com - Sejumlah pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu NTB periode 2019-2020 kini melakukan pelantikan. Acara pelantikan ini dilaksanakan di Jalan Beringin tepatnya di gedung PKK Kabupaten Dompu, Sabtu (25/5/2019) sore.

Prosesi pelantikan dihadiri Gubernur NTB, Dr. Zulkifliemansyah, SE, M.Sc, Bupati Dompu Drs  H. Bambang M. Yasin, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H. Agus Bukhari, SH, M.Si, Dandim 1614/Dompu, Letkol CZI Arief Hadiyanto, S.IP, Kapolres Dompu, AKBP Erwin Suwondo, S.IK,M.IK

Hadir pula Bendahara Umum Pengurus Besar (PB) HMI, Abdul Robby Syahrir, kemudian Perwakilan dari pengurus HMI Cabang Kabupaten Bima dan Kota Bima. Pelantikan juga di saksikan para Alumni HMI Majelis Wilayah KAHMI NTB, Rosyadi Sayuti dan beberapa alumni HMI dari Kabupaten Dompu.

Dalam pelantikan yang mengusung tema "Mempertegas peran HMI sebagai pusat peradaban dalam bingkai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan" Caca Handika menerima kepemimpinan kepengurusan yang baru HMI Cabang Dompu periode 2019-2020 diberikan oleh Kabid Pembina Aparatur Organisasi (PAO) Muhlis.
Saat serah terima antara kepengurusan lama dengan yang baru. Foto RIS

Ketua pengurus HMI Cabang Dompu, Caca Handika dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang sempat hadir menyaksikan pelantikan tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tamu undangan yang sempatkan diri menghadiri pelantikan pengurus HMI cabang Dompu periode 2019/2020, kehadiran bapak dan ibu sekalian merupakan suatu kebanggaan terbesar bagi kami," ucapnya.

Ia menjelaskan, HMI berdiri sejak tahun 1947 yang merupakan dua tahun setelah kemerdekaan Indonesia bertujuan bagaimana menegakan dan mengajarkan agama Islam serta bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Berbicara tentang Himpunan Mahasiswa Islam adalah bukan hal yang baru kita dengar pada hari ini, akan tetapi HMI berdiri sejak dua tahun setelah kemerdekaan Indonesia seperti yang disampaikan Jenderal Sudirman bahwa HMI bukan hanya Himpunan Mahasiswa Islam, tetapi HMI adalah merupakan harapan masyarakat Indonesia," jelas Caca.

"Terbukti, HMI telah selalu eksis sebagai organisasi perkaderan, sebagai organisasi perjuangan, HMI tetap memberikan kontribusi rill terhadap perkembangan daerah," sambung dia.

Dinamika politik yang terjadi saat ini, lanjut Caca, yang setiap tahun semakin menggencar, begitu juga dengan arus globalisasi, selalu mengahdirkan tantangan ditengah-tengah masyarakat termasuk generasi milenial, maka pada kesempatan itu, ia berharap terhadap kader-kader yang baru saja dilantik agar tidak mudah terprovokasi.
Saat penandatanganan keabsahan kepengurusan baru. Foto RIS

"Saya berharap terhadap teman-teman semua yang baru saja dilantik agar tetap menjaga independensi jangan sampai kita mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak sehat," ujarnya.

Sementara, perwakilan Pengurus Besar (PB) HMI dalam hal ini, Bendahara umum, Abdul Robby Syahrir usai sambutan Ketua pengurus baru HMI Cabang Dompu juga dalam sambutannya mengatakan, sesuai tema yang diangkat tersebut memang tepat untuk kondisi bangsa Indonesia saat ini yang tengah terjadi.

"Saya sangat tidak rela, ketika hari ini, saya masih pengurus HMI setelah saya pensiun dan diwariskan pada generasi muda adalah bangsa yang sudah terpecah belah adalah negara yang tidak utuh lagi, tugas HMI adalah menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Dikatakannya, HMI merupakan watak organisasi yang independen. Maka, pihaknya berharap jangan pernah mengayun di atas genderang orang lain.

"Teman-teman HMI memiliki standar nilai-nilai dasar perjuangan kita, seperti yang terjadi di Jakarta saat ini jangan sampai kita mengikuti, jangan sampai kita dimanfaatkan," tegas dia. [RIS]