Pimpin Upacara Hardiknas, Wabup Bima Canangkan Konsep Eco Office dan Eco School

Iklan Semua Halaman

.

Pimpin Upacara Hardiknas, Wabup Bima Canangkan Konsep Eco Office dan Eco School

Kamis, 02 Mei 2019
Wakil Bupati Bima Memimpin Upacara Hardiknas 2 Mei 2019 di Halaman Kantor Bupati Bima, Kamis (2/5/2019).

KERJASAMA ANTARA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KABUPATEN BIMA DENGAN HARIAN ONLINE WWW.BERITA11.COM

Bima, Berita11.com— Upara hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2 Mei 2019 tak hanya sekadar seremonial. Hal yang menari pada momentum tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mencanangkan konsep eco office dan eco school. Sebuah gerakan komunitas kantor dan sekoalh yang ramah lingkungan.

Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M Noer M.Pd yang memimpin upacara Hardiknas 2 Mei 2019 mencanangkan konsep tersebut. Melalui gerakan itu diharapkan menjadi lokomotif mewujudkan lingkungan yang bersahabat, yaitu kantor dan sekolah yang  bersih, indah, nyaman serta sehat.

Program ramah lingkungan tersebut diharapkan menggugah kesadaran para aparatur sipil negara (ASN) mengurangi sampah serta membangun komitmen, gerak langkah bersama menjaga lingkungan. Salah satunya upaya meminimalisasi penggunaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan hingga menuju Indonesia yang bersih dari sampa pada tahun 2020 mendatang.

“Program ini merupakan salah satu gerakan dalam rangka memberikan kesadaran kepada kita semua agar memiliki komitmen dan secara sistematis, mengembangkan program tertentu untuk menginternalksasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas kantor maupun sekolah, ujar Dahlan.

Dahlan mengatakan, Hardiknas adalah momentum refleksi diri menguatkan karakter bangsa. Hardiknas dapat menjadi contoh bagi seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan untuk dapat meneladani bapak pendidikan Ki Hadjar Dewantara, sekaligus melakukan refleksi diri atas usaha yang dilakukannya terhadap yang telah diperjuangkan khusus di bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Mari kita agar mengeratkan hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara,”  kata Wabup Dahlan saat membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi saat Peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Bima di halaman kantor Bupati Bima, Senin (1/5/2019).

Adapun tema
Hardiknas tahun 2019 menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Tema ini kata dia, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dijabarkan pula bahwa pada peringatan Hardiknas tahun,
komitmen bersama untuk terus berikhtiar  membangun pendidikan yang dihidupi dan dipercayai oleh kebudayaan nasional. 

“Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Pada kesempatan ini juga saya selaku kepala daerah menekankan pentingnya pendidikan karakter dan literasi. Hal ini sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari program nawacita Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla,” katanya.

Menurutnya, pendidikan karakter tersebut telah ditetapkan dalam Perpres Nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Penguatan pendidikan karakter dan literasi merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan kebudayaan.

Menangapi perkembangan zaman yang memasuki revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada cyber phsycal sistem. Oleh karena itu kepada pelaku pendidikan dan kebudayaan dapat menyesuailan diri dengan perkembangan tersebut.

Saat ini terdapat tiga jalur pendidikan yakni jalur pendidikan formal, nonformal dan informal. Ketiga jalur pendidikan tersebut diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberikan kesempatan dan kebebasan untuk memilih jalur pendidikan dan pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan tiga jalur pendidikan tersebut.

Dahlan berharap melalui momentum
Hardiknas, semua pihak mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangun SDM yang dilandasi kakrakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif saat ini.

Acara Hardiknas di kantor Bupati Bima dihadiri ketua dan anggota DPRD Kabupaten Bima, Dandim Bima diwakili oleh Kasdim, Mayor Inf Hardani,  Sekda Kabupaten Bima , Staf Ahlli, Assisten, Kabag Lingkup Setda Bima, para kepala OPD, Plt Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima beserta para guru dan kepala sekolah, camat dan para peserta upacara. [AN]