Pria Pengedar Narkotika Asal Bima Diringkus Tim Satres Narkoba Polres Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Pria Pengedar Narkotika Asal Bima Diringkus Tim Satres Narkoba Polres Dompu

Senin, 27 Mei 2019
Tengah terduga pelaku dan sejumlah barang bukti setelah diamankan di Mapolres Dompu Foto ist

Dompu, Berita11.Com - Tim Opsnal Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Dompu yang dipimpin Kanit AIPTU M. Saihun kembali meringkus seorang pria berinisial SR 24 tahun, warga asal Dusun Rasabou, Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima NTB, Minggu (26/5/2019) malam.

Pria asal Bima ini diringkus sekira pukul 23.10 Wita di Jalan lintas Karijawa, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, diduga telah melakukan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika jenis shabu.

Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU Adhar, S.Sos menjelaskan, penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat bahwa terduga pelaku sering melakukan transaksi di seputaran wilayah Kecamatan Woja tepatnya di Desa Matua.
Terduga pelaku saat diringkus di TKP. foto ist

"Tim menindak lanjuti informasi itu dan melakukan penyelidikan di seputaran Desa Matua tetapi hasilnya nihil. Tim berpencar dan melakukan penyelidikan di seputaran dompu dengan ciri-ciri yang didapat bahwa pelaku memakai motor Mio Ziti, badan tinggi kurus menggunakan kaos oblong warna hitam dan celana pendek warna hitam," ungkapnya.

Anggota Opsnal saat membeli Nasi goreng, lanjut Adhar, terduga pelaku melintas dan malakukan transaksi di seputaran penjual nasi goreng dan tidak menunggu lama Anggota Opsnal langsung membekuk terduga pelaku.

"Saat melakukan penangkapan SR sempat membuang barang yang dicurigai Narkotika jenis Shabu sebesar satu poket besar yang disaksikan masyarakat sekitar dan saat itu juga SR tidak bisa berkutik dan tidak melakukan perlawana setelah dilakukan penangkapan," ungkapnya.

Dikatakannya, saat dibekuk anggota menunjukan surat tugas kepada warga yang ada di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) kemudian melakukan pengledahan badan, alhasil anggota menemukan sejumlah barang bukti (BB).
Sejumlah BB yang berhasil diamankan. Foto ist

"Barang yang sempat dibuang yang tidak jauh dari badannya kurang lebih dua meter ditemukan satu poket besar narkotika jenis shabu yang berisikan kristal bening dan uang sebesar Rp 2.720.000 yang dicurigai dari hasil jual beli Narkotika jenis shabu," terangnya.

Selain, satu poket besar berisikan kristal bening narkotika jenis shabu dan uang Rp2.720.000 dan satu unit motor Mio Ziti, tim mengamankan BB lain yakni satu buah dompet dan satu buah Hp merek Samsung lipat kemudian sejumlah BB dan terduga pelaku digiring ke Mapolres Dompu guna diproses lebih lanjut.

SR dikenakan pasal sangka yakni Pasal 112 ayat (1) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman melebihi diancam pidana penjara paling singkat 4 tahun. [RIS]