Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Kunjungi Kominfo Jalin Kemitraan untuk Kerjasama

Iklan Semua Halaman

.

Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Kunjungi Kominfo Jalin Kemitraan untuk Kerjasama

Jumat, 31 Mei 2019
Sebelah kanan, Kadis Kominfo Ir. Fakhrudin A. Wahab M. Si dan sebelah kiri Kepala BPS Peter Willem. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu  NTB, pada Rabu (29/5/ 2019) siang Mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) guna menjalin kemitraan serta membangun kerjasama dalam menghadapi sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik, Ir. Peter Willem mengatakan, tahun 2020 bakal diadakan sensus penduduk secara nasional. Hal ini telah dilakukan pemetaan di seluruh Indonesia serta sosialisasi kegiatan sensus penduduk dimulai tahun 2019 ini.

"Sensus Penduduk tahun 2020 nanti dibutuhkan kerjasama dari banyak pihak, oleh karena itu BPS ingin membangun kemitraan dengan Diskominfo untuk mensukseskan kegiatan tersebut," kata Peter Willem.

Pada tahun 2020 nanti, lanjut Peter Willem, pihaknya berharap agar dapat menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karateristik penduduk Indonesia menuju “Satu Data Kependudukan Indonesia”.
Kepala BPS dan Kadis Kominfo sepakat untuk bekerja sama. Foto ist

"Semoga dalam pelaksanaan nanti berjalan lancar," ujar Kepala BPS.

Dari hasil sensus penduduk tahun 2020 nanti, menurut Peter Willem, pasti akan lebih akurat dan aktual. Dan pada sensus penduduk di tahun 2020 nanti, dilakukan dengan tiga cara yakni menggunakan Paper And Pensil Interviewing (PAPI), Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), dan Compputer Assisted Web interview (CAWI).

"Sebagaimana kita pernah disampaikan, proses sensus penduduk nanti menggunakan, PAPI, CAPI dan CAWI. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mempermudah dan memberikan hasil yang lebih akurat," terang dia.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Ir. Fakhrudin A. Wahab, M. Si mengatakan, pihaknya juga ikut ambil bagian untuk mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 serta siap bermitra dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh BPS.

"Selain itu pula Diskominfo Kabupaen Dompu Siap menyebar luaskan informasi terkait dengan sensus penduduk pada tahun 2020 nanti," kata Fakhrudin

Dalam sensus penduduk tahun 2020 nanti keduanya berharap agar dapat berjalan sukses dan menghasilkan data yang berkualitas serta mempermudah masyarakat dalam mengakses data, dan juga dapat terwujudnya “Satu Data Kependudukan Indonesia”. [Rif]