Setelah Bertemu Presiden Jokowi, Syamsuri Firdaus akan Berangkatkan Orangtuanya Naik Haji

Iklan Semua Halaman

.

Setelah Bertemu Presiden Jokowi, Syamsuri Firdaus akan Berangkatkan Orangtuanya Naik Haji

Selasa, 28 Mei 2019
Juara 1 MTQ Internasional ke-7, Syamsuri Firdaus asal NTB Bertemu Presiden RI Joko Widodo, Selasa (28/5/2019).


Jakarta, Berita11.com— Presiden Republik Indonesia, Joko Widowo (Jokowi) mengundang juara 1 Musabaqah Hifdz Alquran (MTQ) Internasional ke-7 di Istanbul Turki, Syamsuri Firdaus ke Istana Merdeka Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Syamsuri Firdaus, qori asal Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin. Sementara Presiden Jokowi tampak didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pada pertemuan yang berlangsung sekira pukul 12.50 Wita itu, Syamsuri Firdaus diterima Presiden Jokowi di ruang kerjanya. Pemuda yang pernah menjadi jawara MTQ di Singapura ini mengenakan gamis warna biru dengan peci berwarna merah putih seperti yang dikenakannya saat menjadi juara MTQ di Turki. Saat bertemu mantan Wali Kota Solo itu, Syamsuri Firdaus mencium tangan Presiden Jokowi.

Syamsuri menceritakan dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menanyakan momen saat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan selamat kepadanya di atas panggung. Kemudian diceritakanya bahwa Presiden Turki Erdogan bertanya bagaimana dirinya bisa belajar menjadi qari dengan suara tinggi. Kemudian dijawab sebagai nikmat Allah hingga muncul perasaan terharu bercampur bahagia saat dipeluk Presiden Erdogan.
 
pada MTQ Internasional yang digelar di Masjid Agung Camlica, Istanbul Turki 20-25 Mei 2019, Syamsuri Firdaus berhasil mengalahkan peserta dari 86 negara lain. Suara indahnya menarik perhatian juri dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga akhirnya mengunggah momentum pemberian selamat melalui akun Instagram resmi miliknya.

Syamsuri menuturkan, saat pertemuan Presiden Jokowi berpesan kepadanya agar tetap semangat, bersungguh-sungguh serta terus meningkatkan prestasi.

Presiden Jokowi juga memberikan hadiah untuknya berupa uang dan bingkisan. Hadiah tersebut akan digunakannya untuk memberangkatkan kedua orang tuanya berhaji ke Tanah Suci Mekkah. “Alhamdulillah, ada hadiah berupa bingkisan, berupa uang,” katanya setelah bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Merdeka.

“Insyaallah hadiahnya saya pergunakan untuk memberangkatkan haji kedua orang tua," uca mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Indonesia ini.


Sebelumnya Syamsuri tercatat pernah menjuarai MTQ nasional di Maluku. Bakatnya sebagai qori mulai nampak dari kecil. Meskipun hanyalah anak buruh tani dan dari kampung kecil, ia mampu membuktikan kepada dunia mampu bersinar. [AN]