Cegah Kerawanan Tempat Pariwisata, Polres Bima Kerahkan Personel di Beberapa Lokasi

Iklan Semua Halaman

.

Cegah Kerawanan Tempat Pariwisata, Polres Bima Kerahkan Personel di Beberapa Lokasi

Jumat, 07 Juni 2019
Personel saat melakukan razia di pariwisata pantai Wane. Foto ist

Bima, Berita11.Com - Demi mencegah kerawanan di sejumlah tempat pariwisata agar terciptanya rasa aman serta kenyamanan para pengunjung usai melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh lamanya, Kepala Kepolidian Resor (Kapolres) Bima AKBP Bagus S. Wibowo, S.IK sejak (5/6/2109) kemarin, kerahkan personel di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Bima.

Adapun tempat pariwisata yang ditempatkan anggota antara lain Pantai Wane,  Pantai Rontu Kecamatan Minta, Dam Pela Kecamatan Parado, wisata alam Bombom Ncera dan Dermaga Daru Kecamtan Belo kemudian Wadu Kopa Kecamatan Soromandi, Wisata Alam Kecamtan Madapangga, Air Terjun Kalate Mbaju Kecamtan Woha, Air terjun Kecamtan Sanggar dan Tambora dan Pantai Kalaki - Jalan Baru Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Kapolres Bima melalui Kepala Sub-bagian Hubungan Kemasyarakatan (Kasubbag Humas) IPTU Hanafi mengatakan, pengamanan tersebut dilakukan supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan terhadap para pengunjung. Seperti yang dilansir Poros NTB beberapa hari lalu bahwa di tempat-tempat pariwisata terdapat minuman-minuman keras (Miras).

"Anggota akan melakukan pengamanan di sejumlah titik agar para pengunjung selama menikmati suasana pariwisata bisa betul-betul merasakan kenyamanan dan pengunjung bisa merayakan kemenangan dalam menjalankan ibadah puasanya dengan damai dan sejuk," kata Kasubbag Humas, Jumat (7/6).

Pelaksanaan pengamanan tersebut, lanjut Hanafi, dilaksanakan sejak tanggal 5 hingga 9 Juni 2019 dan masing-masing disejumlah lokasi telah ditempatkan sebanyak belasan personel dari Polres kemudian ditambah dengan anggota Polsek.

"Personel Polres sebanyak 12 anggota dan dikendalikan oleh masing-masing Perwira dan ditambah dengan personel Polsek setempat dan perkembangan situasi melaporkan melalui WhatsApp group ke Polres Bima setiap dua jam," ungkap dia.
Sejumlah BB yang berhasil diamankan di tempat pariwisata pantai Wane. Foto ist

Hanafi menjelaskan, untuk di lokasi wisata pantai Rontu meski kurang pengunjung tetap dilakukan pengamanan dengan dikerahkan kekuatan personel yang sama. Sedangkan Kasubbag Humas sendiri ditetapkan di wisata pantai Wane dengan kekuatan personel yang sama pula.

"Di wisata Pantai Rontu, sebanyak 12 personel, dipimpin Kasat Reskrim IPTU Hendry CH, S.Sos sedangkan saya sendiri ditempatkan di wisata pantai Wane bersama anggota 12 personel dan delapan orang personel Polsek Monta serta empat orang personel dari Subsektor Wilamaci," terang Hanafi.

Menurut dia, hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya perkelahian dan tindak pidana lain. Tak hanya pengamanan, kata dia, khusus di wisata Pantai Wane yang merupakan lokasi rawan terjadinya perkelahian anggota melakukan sweeping terhadap para pengunjung dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti (BB) berupa Senjata tajam (sejam) dan usur panah lengkap dengan busurnya.

"Personel PAM khusus Wisata Pantai wane yang dipimpin Perwira pengendali (Padal) yakni Kasat Resnarkoba IPTU Budiman Perangin Angin, S.Sos, Kapolsek Monta IPTU Takim, dan KBO Binmas IPTU Suhermansyah serta KaSubsektor Wilamaci AIPTU Syahril menggelar sweeping atau razia senjata tajam di sana mendaptkan BB berupa anak panah dan usur, golok dan arit serta parang," jelas Hanafi.

Petugas pengamanan meninggalkan tempat tugas sekira pukul 19.00 Wita, usai para pengunjung dipastikan pulang dan selama masyarakat berada di kedua lokasi wisata tersebut  situasi aman dan kondusif. [AD]