Dongkrak Kamtibmas serta Eratkan Silaturahmi, Polsek Pekat Adakan Halal Bihalal

Iklan Semua Halaman

.

Dongkrak Kamtibmas serta Eratkan Silaturahmi, Polsek Pekat Adakan Halal Bihalal

Kamis, 13 Juni 2019
Acara Halal Bihalal sedang berlangsung di halaman Mapolsek Pekat. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Untuk mendongkrak situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan meningkatkan kebersamaan serta pererat tali silaturahmi dalam hidup bermasyarakat, jajaran Mapolsek Pekat Polres Dompu mengadakan acara halal bihalal, Kamis (13/6/2019) pagi.

Acara yang digelar di halaman Mapolsek setempat ini, dihadiri Kepala Peskesmas Syafrudin, S.Km, Kepala KUA Drs. Rusli H. Ahyar, Kepala Balai Taman Nasional Tambora Eki, Camat Pekat diwakili Sekcam Darmawansyah, S.Sos, kemudian Danpos AL PELTU Junaidin, Danramil diwakili SERTU Ilham, para Kades se-Kecamatan Pekat, Tokoh agama se-Kecamtan Pekat dan Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Pekat.

Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH dalam sambutannya mengatakan, acara yang digelar tersebut merupakan petunjuk dari pimpinan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Dompu, AKBP Erwin Suwondo, S.IK, M.IK dengan tujuan tercapainya kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat.

Pada kesempatan itu pula, Abdul Malik menyampaikan permohonan maaf terhadap masyarakat di wilayah hukum yang ia pimpin, mungkin dalam pelayanannya selama mengemban tugas sebagai kepala kepolisian sektor pekat terdapat kejanggalan atau kekeliruan dalam melayani masyarakat setempat.

"Kami secara pribadi dan secara kedinasan mengucapakan mohon maaf lahir dan batin, barangkali selama kami melayani ada hal-hal yang salah atau menyinggung masyarakat," ucapnya.

Berkaitan dengan kasus atau kejadian akhir-akhir ini, lanjut Kapolsek, yang menyita waktunya terkait dengan banyaknya kejadian atau kecelakaan lalulintas (Lakalantas). Hal itu, kata dia, korbannya melebihi korban gempa bumi yang terjadi di Lombok beberapa waktu lalu.
Sesi foto bersama usai acara Halal Bihalal. Foto ist

"Kejadian gempa bumi di Lombok kemarin sebanyak 400 orang, tetapi orang meninggal karna laka lantas di NTB pada tahun 2019 ini, mencapai 500 orang, ini belum secara Nasional. Maka dari itu, kami berharap terhadap tokoh agama dan masyarakt yang berpengaruh agar menghimbau kepada anak-anak kita untuk slalu hati hati dalam berkendaraan dan selalu menggunakan helm," pinta Abdul Malik.

Menurut dia, pada malam takbir kemarin, ada 60 motor yang menggunakan kenalpot racing serta ada juga yang membawa senjata tajam dan sejumlah barang bukti tersebut telah berhasil diamankan.

Kemudian ia beberkan bahwa akhir-akhir ini sering terjadi kasus penganiayaan yang berawal dari anak-anak. Maka, pada kesempatan itu, pihaknya meminta terhadap para tamu undangan agar setiap ada kejadian bisa dilaporkan ke pihak kepolisian.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, pihaknya melakukan video confrance dengan Mentri dalam negeri dan Kapolri serta Menkopolhukam, bahwa beberapa waktu yang lalu terjadi konflik di Buton, Sulawesi dengan banyak menewaskan orang dan rumah banyak terbakar hanya karena masalah sepele, oleh karena itu, pihaknya tidak ingin terjadi atau dialami oleh warganya khusus di wilayah hukum yang ia pimpin.

"Beberapa hari lalu ada kejadian di Buton Sulawesi hanya karna ada masalah kecil yang tidak mampu diselesaikan, oleh karna itu, untuk masyarakat yang hadir di sini, saya berharap jika ada kejadian-kejadian, tolong dilaporkan kepada kami," harapnya.

Tak hanya itu, pihaknya mengapresiasi terhadap masyarakat pekat dalam hal situasi Kamtibmas dari mulai pemilu serentak 2019 kemarin hingga kini situasi masih dalam keadaan aman dan kondusif meski di Kecamatan pekat penduduknya berbagai macam suku.

"Di Kecamatan Pekat ini secara keselurahn situasi Kamtibmas dalam keadaan aman, walaupun di sini banyak suku, mulai dari Bima, Jawa, Sasak dan Bali, banyak suku tidak membuat masyarakat terpecah. Pileg dan Pilpres sudah kita lalui, kita dikategorikan rawan 1, namun kita sudah membuktikan di Kecamatan Pekat yang paling aman se-Kebupaten Dompu," terang Abdul Malik.
Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH saat menyampaikan sambutan. Foto ist

Sebelum ia mengakhiri sambutannya, pihaknya mengisyaratkan terhadap para tamu undangan, jika ditemukan kejanggalan selama menjalankan tugasnya, pihaknya meminta agar diberikan kritikan atau masukan.

"Berkaitan dengan tugas kami, apabila ada yang salah atau kekeliruan, tolong dikritik, kritik itu akan kami jadikan bahan motifasi untuk membawa suatu perubahan," isyarat dia.

Usai sambutannya, perwakilan Camat Pekat, Darmawansyah juga dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya acara halal bihalal itu, pihaknya bersyukur karena pada kesempatan itu bisa saling maaf memaafkan dan memberikan apresiasi terhadap pihak kepolisian lebih khusus jajaran Mapolsek Pekat yang dalam setiap kegiatan kemasyarakatan selalu ambil bagian dan dan ikut serta.

"Terima kasih untuk Kapolsek Pekat beserta jajarannya yang slalu mendukung dalam setiap kegiatan yang ada di khususnya di Kecamatan Pekat," bersyukurnya.

Lebih jauh, Darmawansyah menguraikan terkait dengan surat edaran yang dikeluarkan Bupati Dompu dengan dilarangnya pawai sepeda motor roda 2 dan roda 4 dan hal itu telah dilaksanakan dengan baik, semua itu, menurut dia berkat kerja sama dengan pihak kepolisan.

"Edaran Bupati itu kita sudah melaksanakannya secara maksimal, terima kasih kami ucapkan kepada Anggota Polsek Pekat dan Anggota Danramil," ucapnya. [RIS]