Kedatangan Arus Mudik di Bandara Bima Terpantau Lancar, 1.126 WNI dan 59 WNA Mendarat

Iklan Semua Halaman

.

Kedatangan Arus Mudik di Bandara Bima Terpantau Lancar, 1.126 WNI dan 59 WNA Mendarat

Sabtu, 01 Juni 2019
Suasana pada Terminal Kedatangan di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Sabtu (1/6/2019). Foto MR Berita11.com..


Bima, Berita11.com— Sejak 29 Mei 2019 Tim Gabungan Operasi Ketupat memantau pelaksanaan arus mudik di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Hari terakhir termonitor sebanyak 1126 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 59 Warga Negara Asing (WNA) yang tiba di bandara setempat, sehingga total penumpang pesawat yang tiba terpantau tiga hari terakhir 1.185 penumpang.

Kapospol Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, IPDA Guntur menyebut, hingga H-4 pelaksanaan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, sudah 27 trip penerbangan di bandara setempat. Total penumpang pesawat yang tiba sebanyak 2.191 orang.

Menurut IPDA Guntur, hingga Sabtu siang (1/6/2019), kegiatan keberangkatan dan kedatangan penumpang di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima masih aman dan kondusif. Kondisi tersebut akan dipertahankan hingga arus balik pasca lebaran. Hal itu sesuai penekanan Kapolres Bima.

“Sesuai petunjuk arahan dan penekanan  dari Kapolres, di Bandara Bima ditempatkan Pos Pelayan di depan bandara Bima untuk  memberiakan pelayan prima kepada penumpang yang berangkat maupun yang datang dan arus lalu lintas terpantau lancar dan aman,” katanya.

Petugas keamanan yang ditempatkan di Pos Pelayanan depan bandara sebanyak 12 personil yang berasal dari Pospol Bandara Bima dibantu 29 personil gabungan TNI-Polri dari Polres Bima, Kodim 1608 Bima, Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, tim kesehata dan Senkom.

“Untuk sementara gangguan Kabtibmas di wilayah Posyan dan di Bandara Bima aman dan kondlusif, tidak ada kejadian yang menonjol kerena pelaksaan tugas sudah dibekali petunjuk arahan dari pimpinan, Kapolres Bima sehingga situasi aman dan terkedali,” katanya

Dikatakannya, selama pengamanan, Pos Pelayanan tetap akan memberikan pelayanan terbaik terhadap penumpang datang maupun yang berangkat, sehingga merasa amam dan nyaman. “Semoga  dalam  perjalanan  selamat sampai tujuan sehingga bertemu dengan keluarga,” harapnya. 

Kapospol Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, IPDA Guntur.
Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima,  I Kadek Yuli Sastrawan, S.I.Kom mengatakan, secara umum kegiatan penerbangan khususnya untuk arus mudik kedatangan dan keberangkatan di bandara setempat lancar tanpa gangguan.

Dikatakannya, setiap hari terdapat sembilan trip penerbangan yang melayani ruten Bali menuju Bima dan sebaliknya yaitu untuk Maskapai Wings Air, Nam Air, sedangkan rute Lombok menuju Bima dan sebaliknya dua kali trip Wings, satu kali penerbangan Nam Air dan Garuda dan ditambah penerbangan maskapai Wings ke Makassar.

“Selama arus mudik menjelang hari raya Bandara Bima belum ada penambahan penerbangan (rute), yang ada hanya pembatalan karena sepi penumpang. Sepinya penumpang  kemungkinan dengan lasan tiket mahal atau memang tidak ada pemudik,” katanya.

Pihaknya intens berkoordinasi dengan aparat terkait yang melaksanakan tugas pengamanan objek vital setempat untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan selama arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. [MR]