Kodim 1608/ Bima Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila dan Pelepasan Anggota Cuti Lebaran

Iklan Semua Halaman

.

Kodim 1608/ Bima Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila dan Pelepasan Anggota Cuti Lebaran

Sabtu, 01 Juni 2019
Suasana Upacara Hari Lahir Pancasila yang Digelar di Halaman Makodim 1608/ Bima. Foto MR Berita11.com.


Bima, Berita11.com-- Komando Distrik Militer 1608/ Bima menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila dan pelepasan anggota cuti lebaran di halaman Makodim, Sabtu (1/6/2019). Upacara dipimpin Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra dan diikuti 250 personel TNI dan PNS jajaran Kodim.

Usai pengibaran bendera merah putih yang dipimpin oleh komandan upacara, Dandim Bima yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia.

Dikatakannya, Pancasila mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperiuangkan. Berkat Pancasila yang bersatu dengan nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Pancasila sebagai penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika. 

“Peringatan kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945,” katanya.

Dilanjutkannya, tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. “Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi,” kata Dandim.

Menurutnya, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai weitstars dinamis, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

Usai rangkaian upacara peringatan hari lahir Pancasila, kegiatan dilanjutkan pelepasan keberangkatan cuti lebaran gelombang pertama bagi anggota Kodim.

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengingatkan agar anggota TNI yang melaksanakan cuti dengan baik. Selain itu memanfaatkan waktu yang ada untuk berkumpul dengan keluarga, serta menghindari pelanggaran.

“Satuan tidak mau mendengar ada laporan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota yang melaksanakan cuti dan ingat cuti adalah dinas. Perhatikan waktu yang diberikan jangan sampai terlambat saat kembali cuti yaitu gelombang 1 tanggal 6 Juni pukul 20.00 Wita sudah ada di Kodim,” katanya mengingatkan.

Dandim juga mengajak anggota Kodim setempat manfaatkan momentum lebaran untuk memperbaiki hubungan dengan keluarga.

“Saya tidak mau mendengar laporan dari ibu-ibu persit kalau suaminya posisi cuti, namun tidak ada di rumah, maksimalkan waktu Lebaran bersama keluarga” katanya.

Ditambahkannya, lebaran tahun ini tidak ada open house. Halal Bilhalal akan kita laksanakan setelah selesai pelaksanaan cuti. 

“Hati-hati selama melaksanakan dinas cuti, salam hormat dari kami sekeluarga untuk keluarga masing-masing dan selamat hari Raya Lebaran 1440 H, mohon maaf lahir batin," Dandim menutup arahannya. [MR]