Lomba Kampung KB Tingkat Nasional, Kabuatpen Dompu Raih Urutan ke Dua

Iklan Semua Halaman

.

Lomba Kampung KB Tingkat Nasional, Kabuatpen Dompu Raih Urutan ke Dua

Sabtu, 22 Juni 2019
Tim penilai dari tingkat Nasional. Foto Rif

Dompu, Berita11.com - Kampung Keluarga Berencana (KB) bertanduk "Ndai Wawo" Desa Wawonduru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB berhasil meraih urutan ke lima dalam ajang lomba Kampung KB tingkat nasional.

Penilaian ini dilakukan tim vrifikasi lomba tingkat nasional diantaranya, Deputi Bidang ABPN, Drs. Ade Anwar M.Si, Deputi Bidang Dalduk Taruna, Rasevelt SH.M.Hum, Deputi bidang KSPK, Asep Sopari S.Pd M.Sc, Deputi KBKR, dr. Ari widia Astuti, Deputi Adpin, Purwitasari Septiya Negari S.Sos, Deputi pengendalian penduduk dan KB, Arifin Effendy Hutagalung SE MM, Direktorat sintronisasi urusan daerah dan Dirjen Bina pembangunan daerah Kemendagri, Kamis (20/6/2019) pagi.

Kampung KB "Ndai Wawo" hasil binaan Dinas PPKB Kabupaten Dompu dengan berbagai indikator penilaian yang ada akhirnya terpilih untuk mewakili Provinsi NTB. Kampung KB "ituNdai Wawo" kini menjadi contoh icon program KKBPK dari BKKBN.

Deputi Bidang Advokasi penggerakan dan infomasi Drs. Ade Anwar M.Si mengatakan, Kampung KB Angi Ndai Wawo masuk nominasi lima besar tingkat nasional. "Kabupaten Dompu sudah menyingkirkan dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk nominasi lima besar, berarti kalau 34 NTB itu masuk terbaik," jelasnya.

Dikatakannya, Desa Wawonduru dari sisi pelaporan penilaianya secara online sudah masuk urutan kedua. Kenapa desa wawonduru dapat lima nominasi di tingkat nasional, menurut dia, dari awalnya, mereka melakukan penilaian dari tingkat berdasarkan kesredviu di tingkat nasional melalui pelaporan online Kampung KB.

"Jadi apapun yang dilaksanakan di desa wawonduru pada saat ini maka bisa termonitor di Jakarta, karena pelaporannya tidak dilakukan bulanan atau semesteran akan tetapi laporan Kapung KB dilakukan dengan cara online real time," terangnya.

Jadi apa yang dilakukan selama pelaporan melalui online akhirnya dari 14, 514 Kampung KB yang sudah tercanangkan yang cikal, hanya satu Kampung KB yang dicanakan presiden RI, Ir Joko Widodo di Cirebon Jawa Barat, sekarang sudah 14.463 Kampung KB, kondisi dua hari yang lalu karena real time kelihatan.

"Dari 14.463 maka Kampung KB Angi Ndai Wowo, termasuk lima besar tingkat nasional untuk menentuka kesatu. Sasaran kami berdiskusi dengan Kepala Desa, pengurus Pokja Kampung KB, para kader kridina termasuk uppks, dan semoga Desa Wawonduru mampu meraih juara," harapnya. [RIF/ADV]