Peduli Kebersihan Lingkungan, Koramil 1608-07/Monta Karya Bhakti di Simpasai

Iklan Semua Halaman

.

Peduli Kebersihan Lingkungan, Koramil 1608-07/Monta Karya Bhakti di Simpasai

Kamis, 20 Juni 2019
Danramil 1608-07/ Monta Mayor Inf Syaharudin Memimpin Karya Bhakti Membersihkan Sampah  Sepanjang Jalan di So Parpute Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Kamis  (20/6/2019).

Bima, Berita11.com— Selain peduli terhadap upaya penanganan degradasi hutan, prajurit TNI dari Kodim 1608/ Bima sudah terbiasa memerhatikan fenomena sosial di sekitar. Termasuk masalah sampah yang menjadi momok di tengah masyarakat Bima.

Hal itu setidaknya tergambar dari partisipasi seluruh anggota Koramil 1608-07/ Monta yang dipimpin Danramil setempat, Mayor Inf Syaharudin melaksanakan karya bhakti bersama camat dan personel Polsek Monta, membersihkan sampah sepanjang got di jalan So Parpute Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Kamis (20/6/2019).

Puluhan masyarakat Desa Simpasai juga terlihat ikut serta bersama anggota Koramil dan Polsek Monta membersihkan ruas jalan dari kotoran sampah.

Danramil 1608-07/Monta, Mayor Inf Syaharudin menjelaskan, karya bhakti yang dilaksanakan Koramil setempat sebgai bentuk kepedulian menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan mengingat di sekitar lokasi tersebut banyak sampah yang menggangu pandangan," ujar Danramil di sela-sela pembersihan.

Menurutnya, sesuai ajaran dalam agama bahwa kebersihan sebagian dari iman. Hal itu juga ditegaskan dalam hadis. "Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan,” katanya.


Dikatakannya, merujuk dari hadish tersebut seharusnya memulai dari kebersihan diri kita sendiri, keluarga dan  lingkungan sekitar sehingga termasuk dari orang-orang yang mencintai kebersihan.

Secara terpisah, Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra memberikan apresiasi kepada satuan Koramil jajarannya yang peka terhadap kebersihan lingkungan.

“Kebersihan itu menurut ilmu kesehatan merupakan pangkal dari kesehatan tentunya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhidar dari segala macam penyakit,” terang Dandim.

Adapun manfaat dari kebersihan lingkungan, sambung Dandim yang merupakan alumnus Akmil 1999 tersebut di antaranya lingkungan akan terasa lebih sejuk, nyaman dan asri, bebas dari polusi udara, terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor dan tidak sehat. Selain itu, sumber air menjadi lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Melihat banyak manfaat dari kebersihan lingkungan, Dandim Bima kemudian mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari segala macam penyakit dan menjadi bagian dari orang-orang yang peduli terhadap lingkungan. [MR]