Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi Santuni Ayak Yatim dan Dhuafa

Iklan Semua Halaman

.

Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi Santuni Ayak Yatim dan Dhuafa

Selasa, 04 Juni 2019
Suasana Buka Bersama (Bukber) Puasa Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi di Masjid As Suadda Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Kegiatan Tersebut Merupakan Rangkaian Safari Literasi Ramadan yang Digelar Rumah Baca Tersebut.


Bima, Berita11.com— Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi menggelar program inovasi Safari Literasi Ramadan bersama anak yatim dan dhuafa. Tahun ini dilaksanakan di Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabuapten Bima, Minggu (2/6/2019) lalu. Program merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadan.

Pimpinan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, Salahuddin menjelaskan, program Safari Literasi Ramadan berbeda dari tahun lalu. Justru tahun ini lebih terasa nilai kemenangan Ramadan. “Kali ini kami mendapatkan sambutan hangat dari Pemerintah Desa Rasabou, BPD, dan masyarakat. Serta ditambah lagi antusias anak-anak yatim dan dhuafa yang menyambut kedatangan kami, begitu semangat dan luar biasa,” katanya di Kota Bima, Senin (3/6/2019).

Dikatakannya, Safari Literasi Ramadan 1440 H, melibatakan ratusan anak yatim dan dhuafa. Baik anak maupun orang tua lanjut usia.  Safari Literasi Ramadan secara khusus dimaksudkan untuk mengisi bulan suci dengan kegiatan literasi, salah satunya dengan safari literasi, terutama sesuai nuansa Ramadan yakni mengunjungi desa-desa yang seluruh kecamatan di Kabupaten Bima.

Menurutnya,  kegiatan Safari Literasi Ramadan sebagai upaya untuk memanfaatkan momentum Ramadan sebaik mungkin. “Dalam kegiatan Safari Literasi Ramadan  ini, Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi tidak hanya melakukan buka puasa bersama saja, akan tetapi ada kegiatan membaca, tadarus Alquran, zikir dan ceramah agama,” ungkapnya.

Dijelaskannya,  Safari Literasi Ramadan juga bertujuan memberikan pemahaman sehingga dapat mengubah pola pikir (min set) masyarakat, lebih khususnya para peserta didik.

“RB Salahuddin Al Ayyubi memiliki sebuah tanggung jawab untuk tetap melakukan literasi kepada masyarakat di Bima, melalui kegiatan literasi lainnya. Sehingga ke depannya RB. Salahuddin Al Ayyubi terus bisa membantu masyarakat, khususnya anak–anak seluruh desa yang di Kabupaten Bima,” kata Salahuddin.

Ditambahkannya, Safari Literasi Ramadan juga merupakan bentuk silahturahmi Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi kepada masyarakat untuk menambah semangat untuk tetap menumbuhkan semangat literasi, khususnya literasi baca tulis.


Safari Literasi Ramadan 1440 H, melibatkan Perpustakaan Kampung  Sadia Amiruddin, M.Pd, Sarangge Baca Bima Adi Pati, S.Pd), Kabid Rohani FPKT Kabupaten Bima Arifuddin S.Pdi, dan Remaja Masjid As Suadda Desa Rasabou Kecamatan Bolo.

“Kami segenap pengurus Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi mengucapkan jazakumullah khoiron katsiro, terimakasih banyak kepada seluruh donator yang ikut partisipasi pada program mulia ini. Atas Infaq dan shodaqoh yang telah diberikan kepada kami, untuk program Safari Literasi Ramadan. Semoga Allah membalas amal jariyah bapak, ibu, saudara dengan balasan yang setimpal dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala, amin allahumma amin ya robbalallamin,” ungkap Salahuddin. [AD]