Sikapi Keresahan Pengunjung, DLH Bersihkan Wisata Pantai Hodo

Iklan Semua Halaman

.

Sikapi Keresahan Pengunjung, DLH Bersihkan Wisata Pantai Hodo

Selasa, 18 Juni 2019

Kegiatan kebersihan wisata pantai Ho'do dilakukan petugas DLH Kabupaten Dompu. Foto ist
Dompu, Berita11.com - Pasca diterbitkan pemberitaan yang dilansir Berita11.Com dan LensapostNTB.com beberapa hari lalu, Sejak itu pula wisata pantai Ho'do sering diperbincangkan terkait sampah dan kotoran yang membuat keresahan para pengunjung.

Sikapi hal tersebut petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, Minggu (16/6/2019). melakukan pembersihan di wisata pantai tersebut.

Kepala Dinas DLH, H. Albuhairum, S.Sos melalui Kepala bidang Kebersihan dan Pertanaman, Syafruddin, ST. MT mengatakan, pembersihan dilakukan ada sejumlah delapan karung sampah yang terdiri dari botol dan gelas plastik bekas minuman.

"Ada delapan karung itu kami sumbangkan di Bak sampah binaan Puskesmas Kempo yang ada di Desa Ta'a," ujarnya.

Dilansir pada LensapostNTB.com. Lewat kesempatan ini, Udin menyampaikan beberapa hal penting dan mengimbau kepada masyarakat untuk sadar lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.

Berikut imbauan Udin.

Sarana penampung sampah (tempat sampah) perlu diadakan dan diletakkan di lokasi yang paling banyak menjadi tempat masyarakat membuang sampah dan tidak mengganggu keindahan, dengan jenis tempat sampah yang bisa bertahan lama (bahan dari plat besi sangat tidak direkomendasikan karena akan cepat berkorosi oleh percikan air laut), media plastik atau fiber serta bangunan dari semen sangat dianjurkan untuk mencegah sampah tidak berceceran.

Ketiga, perlu adanya sosialisasi secara intensif dengan metode yang tepat (pendekatan humanis dan pemberian contoh) dan melibatkan semua pihak adalah langkah bijak, termasuk melalui keberadaan Pokdarwis dan LSM pemerhati lingkungan. [RIS]