Tak Ada Pegawai yang Mau jadi Mediator, Disnaker Kota Bima Pinjam Tenaga Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Tak Ada Pegawai yang Mau jadi Mediator, Disnaker Kota Bima Pinjam Tenaga Kabupaten Bima

Rabu, 19 Juni 2019
Ilustrasi



Kota Bima, Berita11.com— Hingga kini Kota Bima masih tak memiliki mediator tenaga kerja. Akibatnya, kegiatan mediasi hubungan industria terpaksa menggunakan tenaga mediator dari Disnakertrans Kabupaten Bima. tugas sebagai mediator tak menarik bagi para pegawai di lingkup Kota Bima. Apa sebabnya?

kepala Seksi PPHI dan Persyaratan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima, Hidayat S.Sos menyebutkan, permasalahan tidak adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mau menjadi mediator tenaga kerja karena pertimbangan masalah tunjangn.

“Kita terpaksa menggunakan tenaga mediator Kabupaten Bima karena kita kekurangan mediator. Masalah utamanya karena pertimbangan tunjangan dan harus sekolah khusus selama tiga bulan. Kita mencari mediator ini susah, tidak ada pegawai yang mau menjadi mediator di Kota Bima ini,” ujarnya di Disnaker Kota Bima, Selasa (18/6/2019).

Terhadap permasalahan tersebut, pihaknya berharap Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengusulkan ASN khusus untuk menjadi tenaga mediator tenaga kerja.

Tenaga mediator diperlukan Disnaker Kota Bima untuk menfasilitasi pada tahap mediasi tenaga kerja dan pihak pemberi kerja (badan usaha). Selama ini beberapa kasus hubungan industrial ditangani dinas setempat. 

“Karena tidak ada yang mau menjadi mediator, kita terpaksa menggunakan tenaga mediator dari Kabupaten Bima,” ujarnya. [US]