Terharu! Pelepasan Siswa SDN 10 Dompu Diwarnai Kesedihan

Iklan Semua Halaman

.

Terharu! Pelepasan Siswa SDN 10 Dompu Diwarnai Kesedihan

Sabtu, 22 Juni 2019
Detik-detik pembacaan puisi untuk guru. Foto Ris

Dompu, Berita11.com - Pelepasan siswa dan siswi ketika usai sekolah (lulus) baik di tingkat SD, SMP maupun SMA sering kita jumpai banyak yang mengadakan acara rekreasi di tempat-tempat pariwisata atau berhura-hura.

Namun pelepasan para siswa di SDN 10 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB, tahun ajaran 2018/2019 ini lebih memilih dengan cara menghidupkan budaya daerah, para siswa yang Tamat sebanyak 32 orang ini, menerima surat keterangan Lulus dengan mengenakan pakaian adat dan diberikan penghargaan berupa medali Purna yang berlogokan Tut Wuri Handayani, Sabtu (22/9/2019) pagi.

Acara pelepasan yang digelar ini diwarnai dengan kesedihan, para siswa tersebut usai menerima penghargaan dilanjutkan dengan pembacaan puisi untuk guru disertai menyanyikan lagu-lagu tentang jasa guru yang merupakan bagian dari pahlawan tanpa tanda jasa, sehingga para guru maupun tamu undangan yang hadir merasa terharu.

Kepala SDN 10 Dompu, Suriansyah, S.Pd. M.Pd dalam sambutannya mengatakan, sekolah yang baru saja dia pimpin ini, kurang lebih dua bulan, pihaknya berkeinginan bagaimana para siswa tersebut terus mengingatkan guru yang pernah mengajarnya dan memberikan nilai tersendiri.

"Kami ingin merubah pola-pola yang lama, kalau dulu anak-anak pergi makan-makan ke pantai dan lain-lain, kami ingin memberikan kesan tersendiri kepada siswa, dengan penghargaan itu siswa meskipun sudah beranjak dewasa atau kemanapun ketika melihat medali itu tentu teringat dengan guru-guru nya," katanya.

Selain itu, Suriansyah, berkeinginan merubah para Dikma baru, yang menurut dia SDN 10 Dompu kurang menyemangati untuk diminati siswa, sehingga pihaknya merubah dengan sebutan baru SD Pelangi Desa Mbawi.

Berikut lima poin alasan dia, kenapa SDN 10 Dompu dijadikan SD Pelangi.

"Pertama, Pelangi yang indah muncul setelah hujan deras seperti halnya para siswa yang harus berusaha keras agar impiannya dapat terwujud.

Kedua, Walau hanya sekejap, pelangi tetap memberikan kesan yang menyenangkan bagi siapapun yang melihatnya, menginginkan pada kita untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

"Ketiga, Setiap warna pelangi punya makna berbeda, begitu juga dengan siswa punya cerita tersendiri dalam kehidupan ini.

Keempat, Siswa juga harus seperti pelangi yang bisa menginspirasi setiap orang yang memandangnya.

Kelima, Pelangi tampak indah dengan kesatuan warnanya yang berbeda seperti pakaian yang dikenakan purna siswa di depan, ini simbolnya keragaman yang harus dirawat dengan baik," terangnya. [RIS]