DAK Kabupaten Bima belum Aman dari Ancaman Hangus

Iklan Semua Halaman

.

DAK Kabupaten Bima belum Aman dari Ancaman Hangus

Rabu, 31 Juli 2019
Ilustrasi Dana Alokasi Khusus. 


Bima, Berita11.com— Meskipun sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah melengkapi syarat pencairan transfer dana dari pemerintah pusat, namun dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Bima masih berpotensi hangus, terutama periode akhir atau tahap 3.

Kepala Seksi Bank dan DAK Fisik BPK Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima-Kanwil DJBPN NTB Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Arif Kurniawan mengatakan, pada pencairan tahap pertama, tidak ada DAK yang hangus, karena setiap pemerintah daerah sudah melengkapi persyaratan sebelum batas akhir sebagaimana yang ditetapkan pemerintah pusat melalui kantor setempat.

“Palingan nanti pas di tahap 3 kita lihat jumlah penyalurannya disandingkan dengan data kontrak yang ada,” ujarnya Senin lalu.

Sebagaimana diketahui ada sejumlah OPD di Kabupaten Bima yang melaksanakan proyek DAK dari pemerintah pusat yang umumnya DAK afirmasi seperti proyek pembangunan dermaga wilayah terpencil oleh Dinas Perhubungan, pembangunan Puskesmas oleh Dinas Kesehatan, dan sejumlah proyek Dinas Dikbudpora yang bersumber dari DAK. Sejumlah proyek yang bersumber dari dana pemerintah pusat itu baru mulai dilaksanakan pada Juli 2019 ini. [RD]