Dampak Kekeringan Berpotensi Landa 35 Desa, BPBD Kabupaten Bima Salurkan Air Bersih untuk Ndano Ndere

Iklan Semua Halaman

.

Dampak Kekeringan Berpotensi Landa 35 Desa, BPBD Kabupaten Bima Salurkan Air Bersih untuk Ndano Ndere

Rabu, 10 Juli 2019
Penyaluran Air Bersih di Dusun Ndano Ndere oleh Tim BPBD Kabupaten Bima. 



Bima, Berita11.com— Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima menyalurkan air bersih untuk masyarakat Dusun Ndano Ndere Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Selasa (10/7/2019).

Dusun Ndano Ndere Desa Bajo Kecamatan Soromandi adalah salah satu titik di Kabupaten Bima yang mengalami krisis air bersih dampak dari kekeringan. Selama puluhan tahun, krisis air bersih dialami masyarakat setempat.

Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan S.Kom MM mengatakan, di Dusun Ndano Ndere Tim BPBD menyalurkan air bersih sebanyak 1.500 liter. Sebelumnya, penyaluran air bersih juga dilakukan oleh BPBD di Desa Belo Kecamatan Palibelo, Desa Padolo Kecamatan Palibelo dan Desa Tenga. “Untuk tiga desa kita salurkan hingga dua tangki per harinya sehingga 1.000 liter per hari,” ujarnya.



Bambang menyebutkan, melihat kondisi kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bima saat ini dan pengalaman tahun sebelumnya, potensi krisis air bersih dapat terjadi pada 35 desa. Secara umum BPBD menyalurkan air bersih setelah ada surat resmi permintaan distribusi dari pemerintah desa.

“Setelah menerima surat permohonan dari pemerintah desa, kami tindaklanjuti untuk distribusi air bersih. Ini juga mengingat anggaran kita yang terbatas,” katanya. [US]