Gugah Kesadaran Masyarakat, SKIPM Bima Aksi Bersih Pantai Lakey Hu’u -->

Iklan Semua Halaman

.

Gugah Kesadaran Masyarakat, SKIPM Bima Aksi Bersih Pantai Lakey Hu’u

Friday, July 19, 2019
Breafing Bersama Peserta Bersih Pantai Lakey Hu'u Kabupaten Dompu Bersama SKIPM Bima.


Bima, Berita11.com— Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Dompu melaksanakan bersih Pantai Pantai Lakey Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Kamis (18/7/2019). 

Kegiatan ini bertujuan menggugah masyarakat sekitar menjaga lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya.

Selain SKIPM Bima dan DKP Kabupaten Dompu, aksi bersih pantai juga diikuti Babinkamtibmas Desa Hu’u, sejumlah pelajar SMK Pembangunan Dompu, warga sekitar  Pantai Hu’u.

Dalam sambutannya Camat Hu’u Muhtar, S.Sos mengapresiasi kegiatan bersih pantai tersebut. Pihaknya juga megucapkan terima kasih atas kepedulian semua pihak berkaitan keindahan dan kebersihan pantai setempat. “Kegiatan ini harus sering dilaksanakan untuk menjaga keindahan Pantai Hu’u,” katanya.

Kepala SKIPM Bima, Ridwan, S.St.Pi menjelaskan selain untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan sehingga membuang sampah di tempatnya, kegiatan bersih pantai juga merupakan rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karantina Ikan yang setiap tahun dilaksanakan. Adapun target utama pembersihan pantai yaitu sampah plastik. 

“Kegiatan bakti pantai ini merupakan wujud nyata kami terhadap lingkungan,” jelas Ridwan.
Kepala Subseksi Wasdalin SKIPM Bima, Agus Priyantoro menjelaskan sampah plastik merupakan musuh utama hewan laut. Karena sering dimakan hewan laut sehingga menyebabkan kematian.

Sejumlah Pelajar juga Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Bersih Pantai Lakay Hu'u Kabupaten Dompu yang Digagas SKIPM Bima dan DKP Kabupaten Dompu. Kegiatan ini Diharapkan Menggugah Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan Pantai setempat Terutama dari Sampah Plastik.

“Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi samapah plastik ini, dengan cara membawa tas sendiri saat belanja, mengurangi penggunaan sedotan dan mendaur ulang sampah platik tersebut,” jelas Agus.

Seperti diketahui Pantai Lakey merupakan objek wisata, khususnya wisata surfing. Banyak wisatawan mancanegara yang melakukan surfing di pantai tersebut. Salah satu pantai tersohor sebagai tempat surving terbaik di dunia yang terkenal dengan ombak kidalnya. Keindahan pantai setempat juga sudah menjadi perbincangan para penggila surving. [RD]