Ini yang Istimewa dari PPL/KKN Terpadu 2019 STKIP Taman Siswa Bima

Iklan Semua Halaman

.

Ini yang Istimewa dari PPL/KKN Terpadu 2019 STKIP Taman Siswa Bima

Rabu, 10 Juli 2019
Foto Bersama Ketua STKIP Taman Siswa Bima dengan Para Dosen dan Pemateri Pembekalan PPL KKN Terpadu Angkatan IV Tahun 2019 STKIP Taman Siswa Bima.


Bima, Berita11.com— Sebanyak 425 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan Kuliah Kerja Nyata (PPL KKN) Terpadu Angkatan IV tahun 2019. Pembekalan dilaksanakan Auditorium Sudirman kampus setempat, Senin (8/7/2019).

Ada sejumlah hal istimewa dari kegiatan PPL/KKN Terpadu 2019 STKIP Taman Siswa Bima. termasuk kegiatan pembelakan PPL dan KKN Terpadu. Dua hari sebelum kegiatan tersebut mahasiswa mengikuti kegiatan prapembekalan yang berisi materi peningkatan soft skill public speaking, up grading organisasi, peningaktan kemampuan menulis ilmiah dan kemampuan administrasi.

Salah satu yang istimewa dari pembekalan PPL/KKN Terpadu 2019 STKIP Taman Siswa Bima yaitu kehadiran qori juara 1 MTQ internasional Syamsuri Firdaus yang menunjukan soft skill keindahan membaca Alquran. Mahasiswa sangat antusias, menyaksikan dengan khidmat ayat demi ayat yang dilantunkan selama tiga menit.

Menurut Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si, kehadiran Syamsuri Firdaus semakin menegaskan arah karakter yang ingin dituju, yakni generasi sadar literasi Qurani.

Dijelaskannya, tema PPL KKN Terpadu 2019 STKIP Taman Siswa Bima yaitu meningkatkan kesadaran literasi dan kesadaran lingkungan menuju masyarakat beradab. Tema tersebut diusung karena Kota Bima dan Kabupaten Bima memiliki komitmen dan visi keagamaan yang kuat yakni Bima Ramah dan Kota Bima Beradab.

“Selain itu permasalahan lingkungan di Kota Bima dan Kabupaten Bima menjadi masalah serius akhir-akhir ini pascabanjir,” sebutnya.

Selain mahasiswa dan para dosen STKIP Taman Siswa Bima, pembekalan juga dihadiri sejumlah narasumber yaitu  Dr Karyadin M.Pd, Dandim1608/ Bima yang diwakili Danramil Monta, Mayor Syaharudin. Selain itu, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Faisal MM.

Dalam pemaparannya, Dr. Karyadin menekankan KKN merupakan program yang sangat strategis bagi mahasiswa untuk berinovasi, terutama berkaitan kegiatan literasi.
Sementara itu, Komandan Koramil Monta, Mayor Syaharudin menekankan aspek pemeliharaan keamanan dan ketertiban di desa.

Diingatkannya, mahasiswa harus selalu berkoordinasi dengan tiga pilar utama di desa yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) serat kepala desa di lokasi PPL KKN Terpadu. “Sehingga apapun masalah yang terjadi di desa dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

Kabid Pemerintah Desa DPMDes Kabupaten Bima Faisal MM mengingatkan mahasiswa harus dapat berkolaborasi dengan pemerintah desa dan masyarakat serta komponennya dalam menjalankan program dan kegiatan.

“Kegiatan yang dilaksanakan hendaknya dititikberatkan pada program nonfisik. Karena rata-rata desa melalui APBDes sudah banyak melaksanakan kegiatan pembangunan fisik,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa harus memahami APBDes sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat disesuaikan dengan anggaran desa. “Mahasiswa juga harus dapat membantu desa dalam merapikan buku administrasi desanya,” harap Faisal.

Selain sejumlah narasumber tersebut, pembekalan PPL KKN Terpadu Tahun 2019 STKIP Taman Siswa Bima juga dihadiri perwakilan KOMPAK NTB, Susana Dewi Rochimah. STKIP Taman Siswa Bima bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima dalam bentuk KKN Adminduk di Kecamatan Woha dan Kecamatan Bolo yang difasilitasi KOMPAK NTB. [RD]