Meriahkan HUT Desa Calabai ke-14, Para Pemuda Gelar Berbagai Jenis Lomba

Iklan Semua Halaman

.

Meriahkan HUT Desa Calabai ke-14, Para Pemuda Gelar Berbagai Jenis Lomba

Jumat, 05 Juli 2019
Sejumlah panitia penyelenggara kegiatan. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Calabai ke-14, tahun 2019, para pemuda desa setempat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam panitia penyelenggara menggelar berbagai jenis lomba.

Adapun mata lomba yang diadakan antara lain, sepak bola mini, sepak bola takraw, lari karung, kemudian lari membawa kelereng. Sementara, dalam lomba Musabakah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat desa, terdiri dari tilawah, Tartil, busana muslim dan Tahfiz dimulai sejak tanggal 20 Juni lalu.

Selain itu, sejumlah panitia penyelenggara menggelar pawai budaya yang diwarnai pakaian adat, diikuti oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, beserta jajaran Muspika Kecamatan Pekat dan kegiatan tersebut telah berlangsung pagi tadi, Jumat (5/7/2019).

Ketua panitia penyelenggara Arifin Umar, S.Pd kepada Berita11.com menjelaskan, kegiatan HUT Desa Calabai kali ini, khusus kepanitiaan, pihaknya sengaja memberikan kesempatan terhadap para pemuda karena menurut dia setiap kegaiatan-kegiatan semacam itu para pemuda setempat tidak pernah diberikan kesempatan untuk berkreasi.

"Untuk kepanitiaan hari ulang tahun desa calabai ke-14 ini, sengaja saya libatkan para pemuda karena saya pikir mereka adalah generasi penerus dan generasi-generasi yang bisa diandalkan," jelasnya saat dihubungi via pesan WhatsApp.

Ia menyebutkan, kegiatan yang digelar dengan mengadakan beberapa jenis perlombaan yang bersifat murah meriah dan lebih kepada permainan-permainan rakyat dengan tujuan supaya seluruh lapisan masyarakat bisa ikut terlibat.

Menurut pria yang sudah diberi kepercayaan untuk kali ketiganya jadi ketua panitia dalam kegiatan itu, sudah saatnya untuk mengajak para pemuda ke arah yang positif, karena, menurut dia, bukan rahasia umum lagi bahwa regenerasi muda sudah terkontaminasi dengan obat-obat terlarang.

"Lewat momen inilah, saya ingin mengajak seluruh pemuda yang ada di desa calabai untuk masuk ke dalam hal yang positif, sedikitnya mengurangi ketergantungan mereka dalam hal obat-obat terlarang atau hidup berkreatif," terangnya.

Kegiatan semacam itu, Arifin menambahkan, telah diagendakan khusus setiap tahunnya melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) disamping itu para pemuda mengambil inisiatif untuk berkreasi dengan meminta sumbangan di berbagai pihak yang ada di seluruh Desa Calabai.

Pada kesempatan ini, Ia berharap terhadap seluruh pemuda yang merupakan bagian dari generasi penerus bisa mandiri dan memiliki jiwa patriotisme.

"Para generasi ini akan menjadi pemegang tongkat estafet dalam sebuah kepemimpinan, pengen seluruh pemuda mempunyai jiwa jiwa kepemimpinan walaupun hanya sebatas diri sendiri, bisa membina lingkungan hidup yang merupakan bagian dari jiwa-jiwa kepahlawanan," harapnya. [RIS]