Setelah Raih Penghargaan UHC, Pemkot Bima Dorong Implementasi Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Iklan Semua Halaman

.

Setelah Raih Penghargaan UHC, Pemkot Bima Dorong Implementasi Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Rabu, 10 Juli 2019
Suasana Sosialisasi dan Kepatuhan Program BPJS Tahun Anggaran 2019 yang Diselenggaran Dinas Tenaga Kerja Kota Bima di Hotel Lila Graha Kota Bima, Rabu (10/7/2019). Kegiatan Diikuti 80 Peserta. Foto US.

Kota Bima, Berita11.com— Setelah beberapa waktu lalu meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atas komitmen mendorong kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Badan Penyelenggara Sosial (BPJS) Kesehatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berkomitmen mendorong implementasi Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Hal tersebut disampaikan Asisten Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kota Bima, Drs Farid M.Si.

“Saya mengimbau kepada seluruh badan usaha di Kota Bima untuk bisa menindaklanjuti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya kepada pekerja. Agar pekerja juga dapat terjamin dengan jaminan kesehatan dan lainnya,” imbau Farid saat menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi dan kepatuhan BPJS tahun 2019 yang diselenggarakan Disnaker Kota Bima di Hotel Lila Graha, Rabu (10/7/2019).

Dikatakannya, sebagaimana amanat Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 14 tahun 2018, JKN dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah bagian pelayanan negara kepada masyarakatnya. “Bagaimana masyarakat bisa sehat dan dipenuhi hak-haknya, sehingga perlu didukung bersama,” ujarnya.

Diakuinya, belum lama ini  Pemerintah Kota Bima mendapatkan penghargaan UHC dengan kategori cakupan peserta BPJS Kesehatan di Kota Bima yang sudah mencapai 95 persen. Hal tersebut menandakan hampir seluruh masyarakat yang ada di Kota Bima sudah mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan.

“Di samping itu juga, kita harus memiliki jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya harus ada terjalin hubungan yang baik antara pemerintah dan lembaga penyelenggara jaminan sosial (BPJS),” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima Drs Jufri ,M.Si mengatakan, dengan adanya sistem jaminan sosial nasional yang merupakan program nasional yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat, melalui program ini diharapkan seluruh masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak.

“Apabila terjadi hal-hal yang mengakibatkan berkurangnya persiapan, karena  menderita sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, dan memasuki usia lanjut atau pensiun,” katanya.

“Mudah-mudahan kehadiran kita ini bisa mempererat hubungan silaturahmi kita dan saya berharap agar semua peserta benar-benar dan bersungguh untuk dapat menyikapi materi yang disampaikan oleh narasumber,” harapnya. [MR]