Tingkatkan SDM Pemandu Wisata Alam Ekowisata, Disbudpar Dompu Gelar Pelatihan

Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan SDM Pemandu Wisata Alam Ekowisata, Disbudpar Dompu Gelar Pelatihan

Selasa, 09 Juli 2019
Dari kanan, Kepala Dinas Kominfo, Asisten 1, kemudian Kepala Disbudpar dan H. Rifait. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Demi  meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemandu Wisata Alam Ekowisata, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar pelatihan selama dua hari Selasa dan Rabu (9-10/2019).

Kegiatan yang dibuka Asisten 1 Drs. H. Sudirman Hamid, M.Si ini, dilaksanakan di gedung Dharma Wanita dihadiri Kepala Disbudpar H. Khairul Iksan, SE.MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, kemudian unsur Forkopimda beserta kalangan pers dengan jumlah perserta 100 orang, terdiri dari berbagai Kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Dompu.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut adalah berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk menciptakan pemandu wisata yang profesional dan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kepariwisataan lebih khusus di daerah Kabupaten Dompu.

Asisten 1 Setda Dompu, H. Sudirman Hamid, dalam sambutannya mengatakan pelantihan pemandu wisata itu adalah bagian dari salah satu komponen paling vital, strategis dan yang menjadi ujung tombak dalam sektor pariwisata.
Kegiatan pelatihan saat berlangsung di gedung Darma Wanita. Foto ist

Pemandu wisata atau pramuwisata, kata dia, Perlakuan positif dan etika akan berdampak langsung pada kenyamanan yang diterima oleh wisatawan selama berada di Kabupaten Dompu.

"Etika dan pengetahuan yang diperlukan oleh pramuwisata sangat memengaruhi kualitas pelayanan mereka kepada wisatawan dan sebagai pelaku pemandu wisata harus melakukan tindakan yang positif agar tercipta rasa nyaman dan aman," imbuhnya.

Sementara, Kapala Disbudpar H. Khairul Iksan dalam juga dalam sambutannya mengatakan, pariwisata adalah sektor terbesar dalam perkembangan daerah baik itu dari sektor pembangunan maupun perekonomian daerah.

"Itulah alasan kami pada paket kedua ini mengadakan pelatihan pemandu wisata. Dan alhamdulillah saya melihat para peserta antusiasnya sangat luar biasa," ucap Kadisbudpar. [RIF]