TMMD ke-105 Tahun 2019 Mulai Dilaksanakan

Iklan Semua Halaman

.

TMMD ke-105 Tahun 2019 Mulai Dilaksanakan

Rabu, 10 Juli 2019



Selong, Berita11.com— Bupati Lombok Timur Drs HM Sukiman Azmy, MM membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 Kodim 1615/Lotim di Lapangan Keruak Kabupaten Lombok Timur, Selasa (9/7/2019).

Upacara pembukaan TMMD dihadiri Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, Forkopimda Lotim, para Dandim dan Kasi, Dan/Ka Satdisjan, Muspika Keruak, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat serta undangan lainnya.

Usai mendengarkan laporan rencana program fisik dan nonfisik TMMD oleh Dandim 1615/Lotim selaku Dansatgas TMMD ke-105, Bupati Lombok Timur Drs HM Sukiman Azmy MM dalam amanatnya menyampaikan TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten menjadi salah satu upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

Kegiatan serbuan teritorial tersebut untuk mewujudkan ketahanan yang tangguh dan memelihara serta meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat secara terintegrasi yang melibatkan segenap lapisan masyarakat khususnya di lokasi sasaran.

“TMMD juga dapat dipandang sebagai upaya melestarikan nilai kemanunggalan TNI rakyat. Sebab TNI memiliki sejarah kedekatan dan kelekatan nyata dengan masyarakat, bila merujuk sejarah berdirinya TNI yang berakar dari laskar rakyat,” ujar Bupati Sukiman.

Berkaitan program fisik, Sukiman menjelaskan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi salah satu kegiatan fisik TMMD secara nyata mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk mengurangi secara signifikan jumlah RTLH di daerah.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa sasaran nonfisik untuk membangun mental melalui jiwa gotong royong, kebersamaan, jiwa nasionalisme dan patriotisme, juga terbangunnya kesadaran masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI.

Mengakhiri amanatnya, Bupati Lombok Timur berharap agar para pihak terus bersinergi menciptakan akselerasi yang baik bersama TNI dan seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya pembangunan.

Setelah pelaksanaan upacara pembukaan, Bupati bersama Danrem 162/WB dan rombongan melaksanakan peninjauan stand di sekaitar lapangan. [MR]