Wujudkan Desa Bebas dari Narkoba, Kesbangpol Dompu Gandeng BNN Provinsi NTB -->

Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Desa Bebas dari Narkoba, Kesbangpol Dompu Gandeng BNN Provinsi NTB

Saturday, July 27, 2019
suasana Lokus bersinar sosialisasi pencegahan narkoba sedang berlangsung di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Foto Fen


Dompu, Berita11.com - Sebagai bentuk pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan serta bahayanya narkoba di kalangan pemuda atau remaja. Serta demi mewujudkan desa yang bebas dari narkoba. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Dompu bergandeng dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB menggelar Lokus Bersinar Sosiliasasi Pencegahan Narkoba.

Adapun peserta yang hadir terdiri dari BPD Desa Matua, Kepala Dusun, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan beberapa perwakiilan pelajar telah berlangsung di aula Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu (24/07/2019) siang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Kepala Bidang Nilai-nilai Kebangsa (BNNK) Sahrudin dalam sambutanya mengatakan, melalui prongran Pemprov bahwa kegiatan sosialisasi Lokus Pencegahan Narkoba yang digelar di desa tersebut diminta agar semua pihak terutama orangtua untuk peran serta dalam mendidik atau menasehati anak-anak agar terhindar dari narkoba.

“Narkoba sanggat membahayakan bagi generasi-generasi Bangsa, terutama anak-anak kita, tentu hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab kita sebagai orangtua," Ujarnya.

Menurut Sahrudin, kegiatan Lokus tersebut merupakan kali pertama dilakukan di Kabupaten Dompu dan akan ditindak lajuti oleh pihak Pemetintah Daerah kemudian diteruskan dari tingkat desa agar bahaya narkoba bisa teratasi.

Pada kesempatan yang sama, BNN melalui Kepala Bidang seksi pencegahan, Irfan Sos.s Mengataka, dengan maraknya peredaran barang haram seperti narkoba (sabu) serta obat-obatan lainya, melui program Lokus bersinar pencegahan tersebut berharap generasi muda lebih khusus di Kabupaten Dompu tidak mengkonsumsi lagi.

“Dengan adanya sosialisasi pencegahan bahaya narkoba yang marak beredar di tatanan daerah Kabupaten, Kota beserta Desa mudah-mudahan bisa teratasi," pintanya.

Irfan memenyebutkan, berkat kerja sama Pemprov dan Daerah program Lokus Sosialisasi tersebut di tahun 2019 ini, sebelum dilakukan di Kabupaten Dompu terlebih dahulu dilakukan di Kota Mataram, Lombok Timur, Sumbawah beserta kota-kota lainya.

"Sesui data lokasi wilaya yang di susun dalam program Lokus Pencegahan bahaya Norkoba, kami akan melakukan sosialisasi pencegahan di tinggkat daerah pesisir, perbatasan kota dan desa, agar terbangun kesadaran tetang bahayanya mengunakan Narkoba,” bebernya.

Sementara, Kepala Desa Matua Muslim Gunawan, S.Sos mengapresiasi terhadap Pemprov dan Pemda dengan adanya  kegiatan itu, apalagi Kabupaten Dompu saat tengah maraknya peredaran narkoba, hal itu sangat merusak bagi generasi bangsa terutama di desa yang ia pimpin.

“Saya sangat berterima kasih terhadap Pemerintah, baik Provinsi maupun Daerah, melalui Program Lokus Pencegahan bahaya narkoba ini yang dilakukan bisa memberikan penyadaran pada masyarakat Desa Matua, baik Orangtua maupun para Pemuda yang ada di desa kita," bersyukurya. [FEN]