60 Persen Penghuni Rutan Kelas IIB Bima Hafal Alquran, 76 Diusulkan Peroleh Remisi

Iklan Semua Halaman

.

60 Persen Penghuni Rutan Kelas IIB Bima Hafal Alquran, 76 Diusulkan Peroleh Remisi

Kamis, 15 Agustus 2019
Kepala Rutan Kelas IIB Bima, H Abdul Khalik S.Sos. Fotro US Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Membina penghuni rumah tahanan, pelaku dari sejumlah kejahatan tidaklah mudah. Namun hal itu cukup berhasil dilakukan Kepala Rutan Kelas IIB Bima, H Abdul Khalik S.Sos dan jajarannya. 60 persen penghuni Rutan setempat mengahafal ayat suci Alquran.

Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, 17 Agustus,  Rutan Kelas IIB Bima mengusulkan remisi untuk 76 orang. Di antaranya penghuni yang terbelit kasus Narkoba dan korupsi. Dua di antara yang diusulkan mendapatkan remisi bebas langsung.

“Faktor penilaian dan kriterianya, di antaranya dia sopan, santun, koorporatif.  Sementara dua orang yang dapat remisi bebas langsung,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Bima, H Abdul Khalik S.Sos di Rutan setempat, Senin (12/8/2019) lalu.

Dikatakannya, pembinaan rohani terus ditingkatkan setiap tahun. Bahkan pada tahun 2019 ditingkatkan hingga 60 persen. Hal itu dilihat dari banyaknya penghuni Rutan setempat yang menghafal Alquran. Bahkan ada yang menghafal hingga 15 juz.

“Bahkan ada dari yang sama sekali tidak tahu Alquran menjadi tahu dan hafal. Itu dari (tahanan) kasus Narkoba,” ujarnya.

Menurutnya, selain memiliki rasa sabar, ketulusan adalah modal utama petugas Rutan seperti yang diterapkannya. Setelah pembinaan dari hati ke hati, sejumlah penghuni dari sejumlah kasus berat sudah banyak perubahan. Bahkan rata-rata menghafal Alquran. “Kunci utamanya bagi kami itu, sabar menjadi pelayan, sabar dan tulus dalam tuntunan tugas,” ujarnya.

Pada Idul Adha 1440 Hijriah lalu, Rutan Kelas II Bima melaksanakan kurban, hewan yang berasal dari sumbangan PLN, Pemerintah Kota Bima dan hamba Allah. [RD]