Babinsa Woro dan KPH Sigap Bantu Atasi Karhutla

Iklan Semua Halaman

.

Babinsa Woro dan KPH Sigap Bantu Atasi Karhutla

Selasa, 27 Agustus 2019
Babinsa Woro dan Anggota KPH Berupaya Memadamkan Api yang Melahap Hutan di Pegunungan Desa Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Babinsa Woro Koramil 1608-02/Bolo Koptu Heriyanto bersama anggota KPH setempat menuju lokasi kebakaran hutan di pegunungan Desa Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, tepatnya di sebelah timur perkampungan desa setempat, Minggu (25/8/2019).

Mereka dengan sigap menuju lokasi kebakaran setelah mendapat informasi dan memastikan titik hotspot di sekitar lokasi kebakaran, sekira pukul 18.00 Wita 

Sekretaris Desa Woro Zubair H.M. Said mengatakan kebakaran tersebut kemungkinan disebabkan sisa api yang dibawa warga yang mencari madu lebah dan untuk saat ini, api sudah bisa dipadamkan.

Zubair mengapresiasi langkah aparat TNI, Polri dan KPH maupun pemerintah daerah yang sigap dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Hal itu dapat dilihat bersama setelah setelah terjadi kebakaran, Babinsa Heriyanto bersama anggota KPH bersinergi tanpa mengenal waktu siang atau malam menuju lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Sementara Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra menyapaikan apresiasi atas sinergitas dan kerjasama anggota satuan jajarannya dengan Polri bersama instansi terkait dan masyarakat setempat dalam upaya memadamkan titik api di lokasi kebakaran.

“Alhamdulillah, begitu ada informasi kebakatan, anggota Koramil bersama KPH langsung merespon dengan cepat untuk meminimalisasi areal kebakaran sehingga tidak tidak meluas ketempat lain,” ungkap Dandim.

Menurutnya, kondisi kemarau seperti harus disikapi secara bijak dengan harapan para pemilik lahan maupun pihak terkait memerhatikan kondisi terkini lahan maupun hutan sehingga tidak terulang kembali kebakaran yang sama.

Selain itu, alumnus Akmil 1999 ini juga mengajak instansi terkait untuk siaga terhadap Karhutla dan mengimbau seluruh komponen masyarakat berhati-hati membakar sampah maupun membuang puntung rokok yang masih menyala. Karena dapat menimbulkan kebakaran dan berdampak luas bagi masyarakat.

"Apabila ada tanda-tanda yang mencurigakan terkait dengan Karhutla, segera laporkan kepada aparat terdekat dan koordinasikan dengan instansi terkait sehingga bisa meminimalisasi areal kebakaran,” pungkasnya. [MR]