Bentuk Forum Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Bima ajak Wartawan dan LSM

Iklan Semua Halaman

.

Bentuk Forum Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Bima ajak Wartawan dan LSM

Jumat, 23 Agustus 2019
 Dalam Menangani Permasalahan Pelanggaran Lalu Lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Bima juga Mengupayakan Komunikasi Persuasif sebagai Bentuk Edukasi kepada Pengendara. Foto Ist. 


Bima, Berita11.com— Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Bima memiliki inovasi untuk terus mendorong kesadaran pengendara terhadap peraturan berlalu lintas. Salah satunya dengan membentuk Forum Lalu Lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto S.Pd mengatakan, dalam waktu tak lama lagi pihaknya akan membentuk Forum Lalu Lintas. Selain dari instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Jasaraharja, pihaknya juga akan mengajak awak media (wartawan) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk bergerak bersama mendorong kesadaran berlalu lintas.

Dijelaskannya, forum tersebut juga menjadi ihtiar dan wadah bersama untuk mengomunikasikan berkaitan permasalahan menyangkut lalu lintas. Misalnya input berkaitan masalah lampu jalan, masalah infrastruktur jalan.

“Ada masukan masukan untuk pembangunan dalam forum itu nanti. Itu juga konek dengan kepala daerah (bupati). Saya pernah kembangkan Forum Lalu Lintas di KLU. Suatu daerah, kalau daerahnya maju, lalu lintas berkembang,” katanya di Mako Polres Bima, Jumat (23/8/2019).

Diakuinya, secara umum kesaran lalu lintas pengendara di wilayah hukum Polres Bima masih rendah. Tantangn utamanya berkaitan kesadaran masyarakat akan kepatuhan terhadap ketentuan berlalu lintas.

“Secara umum kesadaran lalu lintas di masih kurang, karena selama ini mereka (masyarakat) sudah terbiasa. Tapi kita punya strategis, edukasi tentang kesadaran lalu lintas. Kita jelaskan seperti fungsi SIM, fungsi alat alat kelengkapan berkendaraan seperti helm. Kita jelaskan fungsi SIM untuk mengklaim Jasarahaeja saat Lakalantas. Kalau tidak pakai helm jika kecelakaan kepala langsung kena dan kepala itu ibaratnya prosesornya,” ujarnya.

Selain itu, Satuan Lalu Lintas Polres Bima memiliki program pemberian 10 SIM gratis untuk masyarakat setiap ada acara. Tujuannya bagaimana mengajak masyarakat untuk taat dan tertib berlalu lintas. Edukasi dan program-program serupa terus ditingkatkan menjawab tantangan kepatuhan lalu lintas di wilayah hukum Polres Bima. [RD]