Cegah Penyalahgunaan ADD, Ketua DPD GERAK NTB Temui BPKP RI

Iklan Semua Halaman

.

Cegah Penyalahgunaan ADD, Ketua DPD GERAK NTB Temui BPKP RI

Rabu, 14 Agustus 2019
Yang tengah Ketua DPD Gerak Indonesia Provinsi NTB sebelah kanan Kepala Deputi Bidang Keuangan Daerah, Gatot Darmasto dan sebelah kiri Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah wilayah III, Iskandar Novianto, Ak.M.Si. foto ist 


Dompu, Berita11.com - Dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Se-Kabupaten Bima, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Rakyat Anti Korupsi (DPD GERAK) Indonesia Provinsi NTB, Iswahyudin, SH menemui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, Rabu (14/8/2019) siang.

Kedatangan Iswahyudin di kantor BPKP RI disambut baik oleh Kepala Deputi Bidang Pengawasan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto dan didampingi Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah wilayah III, Iskandar Novianto, Ak.M.Si.

Dalam pertemuan tersebut Iswahyudin, menyampaikan tentang rencana kegiatan Pelatihan Aparatur Desa dalam penggunaan ADD Se-Kabupaten Bima agar dilakukan pembinaan kepada seluruh aparatur desa seauai dengan UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 32 Tahun 2004 Tentang pertimbangan keuangan antara Pusat dan Daerah. Kemudian Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa dan Pasal 2 dan 3  Peraturan Presiden RI Nomor: 192 Tahun 2014 Tentang BPKP RI.

Menurut Iswahyudin, hal itu sangat perlu dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh aparatur desa agar penggunaan ADD dapat dipergunaan tepat pada sasarannya kemudian minimnya pemahaman hukum aparatur desa.

“Dengan itu, saya bersama teman-teman pengurus menggagas kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap aparatur desa kemudian memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah daerah agar penggelolaan ADD selaras dengan pembangunan Kabupaten Bima demi mempercepat pertumbuhan infrastruktur, ekonomi dan pembinaan kelompok masyarakat kecil,” Jelas Iswahyudin pada Berita11.com via pesan WhatasApp.
 
Foto bersama usai berdialog di ruang Kepala Deputi Bidang Keuangan Daerah. Foto ist
Ia menyebutkan, pihak BPKP RI sangat merespon positif dan mengapresiatif dengan rencana kegiatan pelatihan yang merekan ajukan dan Iswahyudin isyaratkan bahwa kegiatan yang telah disepakati oleh BPKP RI tersebut bakal dilakukan pada bulan September mendatang.

“Saat ini kami sedang mengantur schedule yang tempat untuk tanggal pelaksaan kegiatan tersebut tapi yang jelas kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada bulan September tahun 2019 ini,” senangnya.

Sementara itu, Kepala Deputi Bidang Keuangan Daerah, Gatot Darmasto mengatakan, pihaknya berterimakasih dan sangat mendukung kegiatan tersebut. Untuk teknis pelaksanaannya Gatot arahkan untuk berkoordinasi dengan Direktur Pengawasan Bidang Keuangan Daerah, Iskandar Novianto.

“Intinya kami sangat apresiasi dan berterimakasih kepada GERAK NTB sudah menggagas rencana kegiatan ini dan membantu kami untuk memberikan edukasi dan pengawasan kepada seluruh kepala desa di Kabupaten Bima,” apresiasi Gatot Darmasto. [RIS]