Ciptakan Generasi Beradab, STKIP Tamsis Perkuat Imtak dan Soft Skills Maba

Iklan Semua Halaman

.

Ciptakan Generasi Beradab, STKIP Tamsis Perkuat Imtak dan Soft Skills Maba

Rabu, 14 Agustus 2019
Kegiatan Pembekalan bagi Mahasiswa Baru STKIP Taman Siswa Bima yang Digelar di Auditorium Sudirman, Rabu (14/8/2019).


Bima, Berita11.com  Selain mengasah kemampuan akademik, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima memiliki komitmen memperkuat keimanan dan ketakwaan (Imtak), keterampilan teknis dan nonteknis (soft skills) mahasiswa sejak dini. Hal itu juga diterapkan terhadap 436 mahasiswa baru (Maba) kampus setempat yang dinyatakan lulus seleksi gelombang 1 tahun akademik 2019/2020.
   
Tagline dan visi STKIP Taman Siswa Bima yaitu Pendidikan untuk Peradaban (Education for Civilitation) selalu diimplementasikan pada setiap kegiatan penerimaan Maba. Pada tahun 2019,  tagline visi tersebut bertajuk Penguatan Imtak dan Soft Skills untuk Membentuk Generasi BERADAB.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si menjelaskan, penguatan Imtak dan soft skills bertujuan mendorong keimanan dan ketakwaan calon mahasiswa baru, menguatkan karakter moral dan mengenalkan budaya serta tradisi akademik yang ada di perguruan tinggi,  STKIP Taman Siswa khususnya.

Dikatakannya,  calon mahasiswa baru merupakan orang-orang terpilih yang beruntung dapat mengenyam pendidikan tinggi. oleh karena itu, tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

“Kalian adalah pemuda harapan orang tua, daerah, bangsa dan negara, di tangan pemuda seperti kalian lah masa depan dipertaruhkan. Soekarno mengatakan bahwa berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia. Peran mahasiswa selaku pemuda harapan bangsa sangat kuat, jadilah mahasiswa yang berkarakter, anggun secara moral dan unggul dalam intelektual,” pesan Dr Ibnu Khaldun kepada mahasiswa baru saat membuka kegiatan pembekalan di kampus setempat.

Secara terpisah ketua panitia kegiatan, Zulharman, M.Ling menjelaskan, kegiatan pembekalan untuk Maba diadakan di kampus 1 dan kampus 2. Rinciannya, 309 Maba mengikuti pembekalan di kampus induk dan  100 Maba mengikuti pembekalan di kampus 2.
Dikatakannya, penguatan Imtak dan soft skills merupakan kegiatan awal sebelum ospek atau PKKMB  yang akan dilaksanakan awal September mendatang. Kegiatan tersebut  direncanakan dilaksanakan  tiga hari yakni 14 -16 Agustus 2019.

“Di mana pada hari terakhir, kegiatan mahasiswa baru diwajibkan memakai rimpu bagi yang wanita dan sarung bagi yang laki-laki. Serta ditutup dengan kajian dan membaca Alquran pada hari Jumat,” ujarnya.

Penguatan Imtak dan soft skills terdiri dari enam materi yaitu iklim zikir dan pikir, mahasiswa beradab, pergaulan sehat dan islami, menjadi mahasiswa prestatif, komunikasi interpersonal. Materi lainnya yang disampaikan kepada mahasiswa berkaitan pola hidup sehat bagi mahasiswa (sehat jiwa dan sehat raga) yang disampaikan dua dosen dari disiplin ilmu psikologi klinis dan ilmu gizi. [RD]