Dukung Program Zero Waste Gubernur NTB, Mahasiwa STKIP Tamsis Bima Unggah Darling via GAMESS

Iklan Semua Halaman

.

Dukung Program Zero Waste Gubernur NTB, Mahasiwa STKIP Tamsis Bima Unggah Darling via GAMESS

Sabtu, 03 Agustus 2019
Mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima saat Mempresentasikan Gugah Darling via GAMMES pada Kegiatan Monev Eksternal Program Kreativitas Mahasiswa.

Bima, Berita11.com— Keseriusan STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima untuk terus meningkatkan kesadaran lingkungan (Darling), bukanlah isapan jempol semata. Wujud program terus dicanangkan dan diperkuat melalui berbagai aktifitas civitas akademik. Melalui program Program Kreatifitas Mahasiswa untuk Masyarakat (PKM M), Darling digenjot melalui GAMESS.

“GAMESS itu merupakan kepanjangan dari Gerakan Anti Membuang Sampah Sembarangan. Kami melakukan program tersebut di SDN 35 Kota Bima,” ujar ketua kelompok PKM M, Neneng Khairunnisah, Sabtu (3/8/2019).

Dijelaskannya, tujuan ide tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Sasarannya tidak hanya lingkungan sekolah, tetapi juga dihajatkan untuk masyarakat yang akan menjadi Sahabat GAMESS.

“Kami mengambil ide ini sangat besar yaitu untuk menanamkan perilaku hidup bersih kepada semua orang. Walaupun kegiatan ini dilaksanakan dalam  ruang lingkup yang kecil, tapi kami percaya jika kegiatan ini mampu memberikan hasil yang baik maka kegiatan yang awalnya hanya dalam ruang lingkup kecil akan menjadi besar sehingga bisa terciptanya sebuah organisasi besar yang dinamakan Sahabat GAMESS yang berorientasi pada hidup bersih," ujar Neneng.

Pengabdian tersebut dilakukan bersama anggotanya lebih kurang tiga bulan. Dimulai awal April hingga Juni 2019. Kelompoknya menargetkan 12 kegiatan Darling. “Kami sudah melakukan 10 kali, tinggal dua kali kegiatan lagi. Jika dipersentasekan, kegiatan yang sudah kami lakukan mencapai 85 persen,” jelasnya.

Sudah dipublikasikan di mana hasil dari program ini? Neneng menjelaskan sudah mempresentasikan program itu di depan reviewer. “Kami sudah mempresentasikan kinerja di hadapan reviewer dengan menggunakan media video. Kami berusaha untuk menampilkan hasil terbaik, walaupun awalnya terkendala akibat speaker tidak berfungsi sehingga stoundtrack dari puisi kami tidak ada,” katanya.

“Tapi kami tetap semangat mempresentasikan hasil kerja kami, karena banyak harapan yang kami pikul dan kami tidak ingin mengecewakan harapan dari orang yang kami hormati dan kami sayangi tersebut,” lanjutnya.

Pihaknya juga tak lupa menyapaikan terima kasih atas dukungan Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si dan dosen pendamping Hairunisa.

“Kami terus termotivasi dengan lolosnya hibah ini. Ke depannya, kami akan lakukan yang terbaik,” ujarnya.

Ia menambahkan anggota kelompoknya yang mengembangkan program tersebut lolos hibah  yaitu Neneng, Mariani Ulfa, Apriliani dan Fachni Nur Fthri. [RD/TSB01]