FUI Bima Ingatkan Umat Islam tidak Terprovokasi soal Foto Sekda

Iklan Semua Halaman

.

FUI Bima Ingatkan Umat Islam tidak Terprovokasi soal Foto Sekda

Selasa, 13 Agustus 2019
Ketua FUI Bima, Ustadz Asikin bin Mansyur. Foto Visionerbima.


Kota Bima, Berita11.com— Dua hari terakhir ini pengguna media sosial (Medsos) di Bima ramai membahas foto Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima Drs H Muhtar Landa MH menginjak karpet yang biasa digunakan untuk salat dengan menggunakan alas kaki.

Menyikapi hal tersebut, ketua Forum Umat Islam (FUI) Bima, Ustadz Asikin bin Mansyur mengingatkan umat Islam agar tidak mudah terprovokasi. Apalagi melakukan gerakan apapun atas isu dan foto yang beredar dalam Medsos.

Kalau kami perhatikan karpet tersebut adalah sejadah yang digunakan untuk salat Idul Adha pada saat itu. Karena sejadah tersebut simbol kesucian bagi umat Islam untuk melakukan ibadah salat. Kalau memang karpet atau sejadah itu sudah usang atau rusak, untuk apalagi digunakan alas untuk salat, lebih baik disimpan jangan sampai menimbulkan permasalahan di kalangan umat Islam,” ujarnya di Kota Bima, Senin (12/8/2019).

Ustadz Asikin berharap, tidak ada lagi penggunaan sajadah untuk dijadikan alas. Untuk menetralisasi peristiwa itu seperti muculnya kecemburuan, pihaknya telah menyampaikan saran kepada Sekda Kota Bima itu agar menyampaikan klarifikasi kepada Ormas Islam.

FUI Bima juga berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia membahas berkaitan masalah tersebut. “Kami mengimbau kepada umat muslim agar tidak terprovokasi melakukan gerakan apapun  dengan ada isu dan pemberitaan tersebut sebelum ada klasifikasi yang jelas,” pintanya.

Sebelumnya, Sekda Kota Bima, Drs H Muhtar Landa MH telah menyampaikan permintaan maaf berkaitan fotonya berdiri di atas karpet yang biasa digunakan untuk ibadah salat. [MR]