Jelang Pelaksanaan Pilkades dan Pemilihan BPD, Pemkab Bima Harapkan Peran Maksimal FKDM

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Pelaksanaan Pilkades dan Pemilihan BPD, Pemkab Bima Harapkan Peran Maksimal FKDM

Selasa, 27 Agustus 2019
Suasana Rapat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Bima dalam Rangka Persiapan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Bima. Rapat Digelar di Aula Taman Kalaki Kecamatan Palibelo Kabupaten BIma, Selasa (27/8/2019).


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mengharapkan peran maksimal Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) memaksimalkan fungsi deteksi dini untuk mengantisipasi potensi konflik pada pelaksanaan pemiliihan kepala desa dan pemilihan Badan Permusyaratan Desa (BPD) serentak di Kabupaten Bima.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bima, Edy Tarunawan SH saat rapat FKDM dalam rangka persiapan menghadapi Pilkades dan pemilihan BPD yang digelar di Aula Taman Kalaki Desa Panda Kabupaten Bima, Selasa (27/8/2019) pagi.

“Ada dua forum yang dibentuk di daerah yaitu FKDM yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, para akademisi dan KOMINDA yang terdiri dari komuniti intelijen daerah dari beberapa instansi pemerintah. Kami mengharapkan  dua tim ini bisa bekerja sama dan membantu Pemda Bima untuk mencapai tujuan pembangunan,” kata Edy saat memimpin rapat.

Dirinya juga berharap adanya input dari pengurus FKDM dan KOMINDA sehingga pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 tercapai output Kades yang berkualitas.

Disebutkannya, terdapat 82 di Kabupaten Bima yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Hal tersebut mengisyaratkan perlunya partisipasi dari masyarakat dan semua pihak  sehingga Pilkades dapat sukses dilaksanakan secara aman sebagaimana tujuannya.

“Mohon partisipasi dan pertimbangan dari semuanya, bagaimana menciptakan kondisi pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Kepala Satuan Intel Keamanan Kepolisian Resor Bima Kota, Inspektur Satu Ananda  berharap FKDM bersinergi mendukung pemerintah. Adapun ranah peran FKDM menjaga kenyamanan masyarakat Bima.

“Mari kita mengabdi untuk daerah Bima ini dengan meningkatkan keamanan daerah kita. Perlu diketahui bahwa wilayah hukum Polres Bima Kota ada yang berada di Kabupaten Bima. Terkait Pilkades, kami harapkan saat ini kita mulai melakukan persiapan untuk mencegah terjadinya konflik,” harapnya.

Pasi Intel Kodim 1608/ Bima Kapten Seninot Sribakti menyebutkan beberapa potensi penyebab konflik saat Pilkades seperti politik uang dan upaya oknum tertentu yang sengaja menimbulkan eskalasi di desa meningkat.

“Ada beberapa oknum yang sengaja memanas-manasi suasana pada saat Pilkades ini dengan cara menyebarkan isu terkait keburukan para calon kepala desa,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1608/ Bima Lektol Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan evaluasi berkaitan pelaksanaan Pilkades dengan memelajari pelaksanaan Pilkades serentak pada tahun 2018 lalu.

Menurutnya, hal itu dilakukan pihaknya untuk meminimalisasi permaslahan pada pelaksanaan Pilkades tahun 2019 ini.

Dandim Bima mengajak semua pihak agar mendukung terlaksananya Pilkades serentak dan pemilihan BPD di Kabupaten Bima yang aman dan tertib. Pilkades adalah pesta demokrasi tingkat desa dan harus menjadi ajang kegembiraan bagi semua warga Bima.

Dirinya berharap semua pihak yang terlibat dalam Pilkades  mengubah pola pikir bahwa seolah-olah Pilkades di Bima rawan. “Oleh karena itu, ciptakan kondisi bahwa Bima ini aman. Ada beberapa celah konflik yang kemungkinan terjadi, oleh karena itu kami upayakan untuk menutupi celah itu,” isyaratnya.

Dandim juga mengajak anggota forum meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara Pilkades serentak. “Babinsa merupakan ujung tombak saya, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan saya perintahkan untuk jaga jarak dengan para Cakades untuk menghindari isu yang tidak baik dan menodai netralitas kami,” tandasnya.

Selain Dandim 1608/ Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra dan Kaban Kesbangpol Kabupaten Bima Edy Tarunawan SH, kegiatan forum FKDM Kabupaten Bima juga diikuti Pasi Intel Kodim 1608 Bima Kapten Inf Seninot Sribakti, Dan Unit Inteldim 1608/ Bima Latda Inf Husain, Kasat Intel Polres Bima Kota IPTU Ananda,  akademisi dan pengurus FKDM  Kabupaten Bima, M Tahir, perwakilan FKDM kecamatan se Kabupaten Bima.

Kegiatan juga dihadiri Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kabupaten Bima, Muh Firdaus S.Pd M.Pd. [MR]