Ketua FKUB KLU Serukan Masyarakat tidak Terpovokasi Konflik Mahasiswa dan Ormas di Surabaya

Iklan Semua Halaman

.

Ketua FKUB KLU Serukan Masyarakat tidak Terpovokasi Konflik Mahasiswa dan Ormas di Surabaya

Jumat, 23 Agustus 2019
Dr H Lalu Muchsin Muchtar. Foto Ist.


Tanjung, Berita11.com— Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Dr H Lalu Muchsin Muchtar menyerukan pada masyarakat luas agar tidak terprovokasi atas isu konflik mahasiswa dan Ormas di Surabaya belum lama ini.

Dikatakannya, jika pun pada kejadian di Surabaya diwarnai imitidasi atau bullying, maka patut menyayangkan dan konflik itu bukan bernuansa agama, tetapi sesungguhnya keslahan dalam informasi dan komunikasi yang ditungggangi oleh kepentingan  termasuk hoaks.

Dr H Lalu Muchsin Muchtar mengatakan bahwa masyarakat Papua dan pemerintah dengan segala prangkat yang dimiliki sedang melakukan pengawasan terhadap konflik yang terjadi saat ini antara mahasiswa Papua dan Ormas di Surabaya.

Dirinya berharap pemerintah bersama aparatur negara menjaga kerukunan umat beragama. FKUB KLU juga berharap konflik itu cepat berlalu dan terselesaikan oleh pejabat yang berwenang.

Selain itu, imbauan FKUB juga disampaikan kepada warga NTB dan lebih khusus masyarakat Lombok Utara agar tenang. Permasalahan itu dalam proses mediasi antara pemerintah dengan para tokoh, agama, adat, pemuda dan masyarakat Papua, sehingga harus menyikapinya secara arif dan bijaksana. “Ini bukanlah permasalahan etnis, suku, budaya  atau agama,” tandasnya.

FKUB KLU juga menhimbau tokoh, pemuka agama, adat, pemuda, dan Ormas lainnya agar tidak terprovokasi oleh kejadian antara mahasiswa Papua dan Ormas di Surabaya.

“Kami juga mengimbau masyarakt agar tidak mudah percaya dengan berita, isu SARA dan hoaks, karena ini yang membuat kita pecah belah,” pungkasnya. [R]