Lahan Hutan 1,5 Hektar di Woha Dibakar, ARH Dibawa ke Mako Polres Bima -->

Iklan Semua Halaman

.

Lahan Hutan 1,5 Hektar di Woha Dibakar, ARH Dibawa ke Mako Polres Bima

Sunday, August 18, 2019
Aparat Kepolisian Berupaya Memadamkan Api di Lahan Hutan yang Sengaja Dibakar Oknum Warga.


Bima, Berita11.com— Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Woha bersama anggota TNI berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi tutupan daerah So Parangga Watasan Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Minggu (18/8/2019) siang.  Anak pemilik lahan berinisial ARH dibawa ke Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bima untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo S.I.K melalui Kasubag Humas Polres Bima IPTU Hanafi menjelaskan, Karhutla terjadi pada lahan milik PNS berinisial IS, warga Dusun Fanda Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Pembakaran lahan dilakukan ARH, anak kandung dari ASN tersebut.

Dijelaskannya, pasca mengetahui informasi berkaitan kebakaran tersebut,  Kapolsek Woha IPTU Edy Prayitno melakukan upaya koordinasi dengan Kepala Desa Pandai H Puasa. Setelah itu, Kades mengumpulkan perangkat desa. kemudian bersama anggota Polsek Woha menuju lokasi Karhutla memadamkan api.

“Di TKP  Karhutla, Kapolsek bersama anggota melakukan upaya pemadaman api secara manual,” jelas IPTU Hanafi.



Setelah itu, Kapolsek Woha berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima sehingga mengerahkan dua unit mobil pemadam di lokasi. anggota BPBD langsung melakukan upaya pemadaman api bersama Kapolsek, anggota Polsek dan pemerintah desa.

“Pukul 16.00 Wita api yang membakar hutan dan dan lahan seluas sekitar 1,5 hektar berhasil dipadamkan dan pemadaman tidak dilanjutkan (karena) terkendala dengan mobil Damkar mengalami kerusakan,” katanya.

Kapolres Bima AKBP Bagus S.Wibowo S.I.K melalui Kasubbag Humas IPTU Hanafi mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar  dan membabat hutan untuk bercocok tanam pada musim hujan.[MR]