Luar biasa, Suriansyah Sulap SDN 10 Dompu Jadi Sekolah Kampung Pelangi

Iklan Semua Halaman

.

Luar biasa, Suriansyah Sulap SDN 10 Dompu Jadi Sekolah Kampung Pelangi

Rabu, 07 Agustus 2019
Taman Literasi. foto RIS


Dompu, Berita11.com - Dalam kurung waktu beberapa bulan menjabat sebagai Kepala Sekolah di tempat yang baru, Suriansyah, S.Pd.M.Mpd, menyulap SDN 10 Dompu menjadi Sekolah Kampung Pelnagi dan Sekolah Ramah Anak. Sekolah yang berlokasi di Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB itu sebelumnya kusam kini sudah menjadi lebih cerah dan indah.

Perubahan yang cukup luar biasa dilakukan Suriansyah bukan hanya penataan sekolah saja, akan tetapi proses belajar mengajar mulai banyak peningkatan hal itu terbukti dengan kenyamanan yang dirasakan oleh peserta didik. Selain itu, bagi peserta didik yang berprestasi Suriansyah memberikan penghargaan agar memacu semangat belajar siswa.

Suriansyah kepada Berita11.com mengatakan, memang pertama masuk atau memimpin sekolah itu yang terutama ia lakukan adalah kenyamanan untuk peserta didik terutama suasana Cat sekolah yang sebelumnya sudah bagus dan dibikin lebih bagus lagi agar peserta didik lebih bersemangat lagi untuk belajar.
 
Pagar dari depan SDN 10 Dompu. foto RIS
“Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan perlu pihak penyelenggara sekolah bisa mengatur bagaimana bisa menyenangkan dan nyaman untuk belajar di sekolah, maka dari pada itu, perlu penataan supaya aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar,” ungkapnya, Rabu (7/8/2019) pagi.

Ia menjelaskan, awal menempati sekolah tersebut, pihaknya mengundang orangtua maupun stakeholder lainnya untuk melakukan rapat guna memaparkan visi dan misi sekolah termasuk mencanangkan sekolah tersebut menjadi Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Pelangi.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Suriansyah menambahkan, ada beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain meningkatkan kopetensi guru dan melakukan diskusi kelompok bersama guru-guru Kurikulum 2013 sehingga tersebut yang baru diakreditasikan mendapatkan nilai A.
 
Kepala SDN 10 Dompu saat memberikan penghargaan terhadap siswa yang berprestasi. foto RIS
Maka dari itu, Suriansyah sangat berharap agar pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bisa memfasilitasi perbaiakan gedung sekolah tersebut dan mefasilitasi guru pendamping kurikulum 2013 khususnya di wilayah selatan.

“Sekolah itu masih dalam keadaan perlu pembenahan, terutama gedungnya yang masih ada tiga lokal itu masih kita pakai saat ini sudah lapuk, maka dari itu, diharapkan pihak dinas terkait bisa dibantulah dan Sekolah wilayah selatan rata-rata masih perlu guru pendapingan khususnya kurikulum, dimohon bagaimana dinas terkait bisa menfasilitasi kegiatan yang dimaksud,” harapnya. [RIS]