Penghuni Meningkat, Rutan Kelas IIB Bima harus Naik Kelas

Iklan Semua Halaman

.

Penghuni Meningkat, Rutan Kelas IIB Bima harus Naik Kelas

Kamis, 15 Agustus 2019
Suasana Pelayanan Terhadap Pengunjung Rutan Kelas IIB Bima. Foto Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Sudah puluhan tahun Rumah Tahanan (Rutan)  Kelas IIB Bima dengan “penghuni gemuk”. Kondisi yang overload menjadi salah satu hambatan petugas setempat untuk meningkatkan pembinaan terhadap para tahanan berbagai kasus.

Kepala Rutan Kelas IIB Bima, H Abdul Khalik S.Sos mengatakan, hingga saat ini jumlah penghuni Rutan setempat sudah mencapai 350 orang lebih. Umumnya, penghuni Rutan didominasi kasus berkaitan penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang serta kasus kekerasan.

Dikatakannya, salah satu kendala utama usulan peningkatan status Rutan Kelas IIB Bima yaitu kendala tempat atau luas lahan.

“Mudah-mudahan Pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Bima ada sinyal lahan. Status Kelas IIB, insya Allah kami juga berupaya bersama bupati dan wali kota,” katanya.

Dikatakannya, kebutuhan lahan untuk pembangunan tempat tahanan 3-5 hektar. Pada sisi lain grafik penghuni Rutan terus meningkat, terutama didominasi dari warga Kabupaten Bima berkaitan kasus Narkoba dan kekerasan.

 “Kebutuhan lahan 3,5 hektar, kita minta lima hektar. Sudah ada sinyal dari wali kota, sinyalnya di Sambinae,” ujar Ka Rutan yang pernah berkarir sebagai kepala keamanan Rutan setempat. [RD]