Posko Lanta PPL KKN Terpadu STKIP Tamsis Arahkan Literasi untuk Perkuat Empat Pilar Kebangsaan

Iklan Semua Halaman

.

Posko Lanta PPL KKN Terpadu STKIP Tamsis Arahkan Literasi untuk Perkuat Empat Pilar Kebangsaan

Senin, 05 Agustus 2019
Anggota Posko Lanta PPL KKN Terpadu Angkatan IV STKIP Taman Siswa Bima Foto Bersama Sejumlah Anak yang Mengikuti Program Literasi yang Dilaksanakan Posko setempat.


Bima, Berita11.com— Sejumlah kegiatan untuk meningkatkan literasi anak terus dilakukan mahasiswa program PPL KKN Terpadu Angkatan IV STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima. Kegiatan tersebut diarahkan untuk memperkuat pilar kebangsaan.

Ketua Posko Lanta PPL KKN Terpadu Angkatan IV STKIP Tamsis Bima, Arahman menjelaskan, beragam metode juga terus dikembangkan dan diterapkan setiap desa yang menjadi titik pelepasan mahasiswa yang melaksanakan pengabdian secara langsung tersebut.

Berbeda cara pandangan dengan posko lain, Posko Lanta mengarahkan literasi untuk memperkuat pengetahuan anak tentang empat pilar kebangsaan.

“Selain pola literasi baca tulis menggunakan metode privat pelajaran, menggambar dan berpuisi, kami juga mengarahkan anak untuk lebih paham dan mengerti tentang empat pilar kebangsaan. Hanya saja, itu masih pada tahap pengajaran dan penghafalan saja, sedangkan untuk pengamalannya kami memberikan contoh yang dekat dengan kehidupannya sehari-hari,” ujar Arahman melalui pesan WhatsApp, Senin (5/8/2019).

Arahman berharap, melalui kegiatan tersebut anak-anak di Desa Lanta mampu menjadi agen empat pilar kebangsaan. Menurutnya, kegiatan “berwarna” merah putih itu merupakan cara yang efektif menanamkan nilai kebangsaan dan pencasila sejak dini.

“Mereka rata rata masih berada di sekolah dasar dan menengah pertama, sehingga tepat untuk diajarkan masalah  wawasan kebangsaan. Meksipun materi yang kami sampai masih sangat umum dan mudah dimengerti,” kata Ketua Posko Lanta ini.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Posko Lanta, Ewan Erawan  mengatakan, kegiatan yang dilakukan mahasiswa bimbingannya sangat sesuai dengan isu penguatan pancasila oleh BPIP. Selain kegiatan penguatan landasan bernegara tersebut, literasi lainnya berupa les privat juga akan terus berlanjut hingga penarikan peserta PPL KKN Terpadu.

“Tujuan dari gerakan literasi ini agar generasi yang ada di Kabupaten Bima, khususnya di Desa Lanta mampu berdaya saing dengan generasi lain nya. Kegiatan ini pun direspon baik oleh aparatur desa dan karang taruna serta masyarakat setempat. Anak didik yang dibina sebagian besar pada lingkup SD dan SMP,” jelas pria yang akrab disapa Ewan ini. [RD]