Puluhan Hektar Lahan di Sanggar Terbakar, Kapolsek dan Warga Sukses Padamkan Api

Iklan Semua Halaman

.

Puluhan Hektar Lahan di Sanggar Terbakar, Kapolsek dan Warga Sukses Padamkan Api

Kamis, 15 Agustus 2019
Sisa Api yang Menghanguskan lebih kurang 50 Hektar  Vegetasi di Desa Oi Saro Kecamatan Sanggar. 

Bima, Berita11.com— Lebih kurang 50 hektar lahan berisi semak belukar di Desa Oi Saro Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima terbakar, Rabu (14/8/2019) malam. Kapolsek Sanggar IPTU Indra Killa bersama anggotanya,  sejumlah warga menuju lokasi dan berhasil memadamkan api sekira pukul 02.50 Wita, Kamis dini hari.

Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, S.I.K melaui Kasubag Humas Polres Bima, IPTU Hanafi menjelaskan, sesuai keterangan Bhabinkamtibmas Desa Oi Saro Bripka Aswad yang dihimpun dari Sekdes setempat, Hamdin S.Pd, sumber api berasal dari lahan milik warga yang kemungkinan  membakar lahan yang disiapkan untuk menanam jagung.

Dikatakannya, belum diketahui oknum yang membakar lahan tersebut. namun semak belukar dan ilalang yang dilahap api diperkirakan mencapai 50 hektar. Karena kebakaran terjadi sejak pukul 17.00 Wita, Rabu sore.

“Pukul 24.30 Wita Kapolsek Sanggar IPTU Indra Killa  bersama dua anggota dan anggota  Bhabinkamtibmas Desa Oi Saro, Kades Oi Saro dan empat warga Oi Saro berangkat menuju lokasi kebakaran untuk mengecek tempat kebakaran.  Setelah berada di lokasi api sebagian masih menyala sehingga Kapolsek Sanggar bersama anggota dan masyarakat mengambil tindakan memadamkan api dengan cara memukul dan membuatkan scat api agar tidak meluas dan api berhasil dipadamkan pukul 02. 50 Wita,” ujar IPTU Hanafi melalui press release yang dikirim ke media, Kamis (15/8/2019).

Meskipun dengan Peralatan Manual dan Sederhana, Aparat Kepolisian Dibantu Warga Berhasil Memadamkan Api.

Dijelaskannya, jarak antara lokasi lahan yang terbakar dengan pemukiman penduduk lebih kurang 6 kilometer dan tidak dapat akses oleh kendaraan.

“Sebelum terjadi kebakaran, anggota Bhabinkamtibmas Desa Oi Saro sering memberikan penyuluhan dan imbauan terhadap masyarakat agar tidak melakukan pembakaran dan pembabatan  pohon maupun membakar semak belukar serta Ilalang untuk bercocok tanam jagung ataupun tanaman lainnya,” katanya.

Atas kejadian tersebut pihak Polsek Sanggar melakukan penyelidikan terhadap pelaku pembakaran lahan. [MR]