Satgas Karhutla Polres Bima Padamkan Api di So Doro Belo, Warga Diimbau tak Sembarang Buang Puntung Rokok

Iklan Semua Halaman

.

Satgas Karhutla Polres Bima Padamkan Api di So Doro Belo, Warga Diimbau tak Sembarang Buang Puntung Rokok

Rabu, 21 Agustus 2019
Satgas Karhutla Polres Bima Berupaya Memadamkan Api di So Doro Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Kepolisian Resor (Polres) Bima telah membentuk Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla). Setelah Satgas tersebut terbentuk, Polres Bima terus mengencangkan upaya penanganan Karhutla.

Satgas Karhutla Polres Bima yang dipimpin Kabag Ops Kompol Jamaluddin S. Sos bergegas memimpin upaya pemadaman api di So Doro Belo tepatnya di sebelah Selatan Rumah Makan BBA Doro Belo Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Api melahap rumput kering di atas lahan seluas lebih kurang tiga hektar, Rabu (21/8/2019).

Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo S.I.K melalui Kasubag Humas Polres Bima IPTU Hanafi menjelaskan, titik api berawal dari kebakaran rumput kering yang merembet ke pagar ladang di pinggir jalan lintas tanjakan Doro Belo yang kemudian merambat dan menyebar ke lahan milik warga sekitar.

Dikatakannya, setelah tiba di lokasi, Satgas Karhutla yang dipimpin Kabag Ops Polres Bima berupaya memadamkan api menggunakan mobil tangki milik Polres Bima dan peralatan manual berupa ranting pohon dan kayu.

“Mengingat lokasi  kebakaran banyak bebatuan sehingga mobil tangki tidak bisa menjangkau dan hanya melakukan pemadaman sumber api di pinggir jalan raya,” ujar IPTU Hanafi.



Adapun penyebab kebakaran lahan tersebut diduga karena  kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang puntung rokok di pinggir jalan sehingga terjadi kebakaran daun-daun kering dan rumput kering yang merembet ke pagar milik warga sekitar. Api berhasil dipadamkan pada pukul 13.00 Wita.

Sebelumnya, setelah menerima inforamasi adanya kebakaran lahan, personil Sub Sektor Palibelo yang dipimpin langsung oleh Kasubsektor Palibelo IPDA Sumardin  langsung menuju ke TKP dan menghubungi Satgas Karhutla Polres Bima. Setelah tiba di lokasi, Satgas Karhutla berupaya memadamkan api.

Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo S.I.K melalui Kasubbag Humas IPTU Hanafi mengajak kepada masyarakat pemilik lahan  meninggalkan kebiasaan  membersihkan lahan dengan cara membakar rumput,  semak belukar dan  juga membabat pohon pohon yang tumbuh di atas lahan.

“Diimbau bila membuang puntung rokok agar betul-betul memastikan api rokok sudah padam,” imbau Kapolres Bima melalui Kasubag Humas Polres Bima, IPTU Hanafi. [MR]