Tuntut Transparansi Penggunaan Dana Desa, Pemuda Dena Aksi di depan Kantor Camat

Iklan Semua Halaman

.

Tuntut Transparansi Penggunaan Dana Desa, Pemuda Dena Aksi di depan Kantor Camat

Senin, 19 Agustus 2019
Aksi Massa Pemuda Dena di depan Kantor Camata Madapangga, Senin (19/8/2019).


Bima, Berita11.com— Puluhan orang yang menamakan diri Aliansi Pemuda Peduli Desa yaitu HIPMA, FKMD dan HIMA MPB menggelar aksi di depan kantor Desa Dena dan kantor Camat Madapangga Kabupaten Bima, Senin (19/8/2019) pagi. Massa menuntut transparansi dana desa dan perbaikan gang di Desa Dena.

Aksi massa  awalnya di depan kantor Desa Dena, kemudian berlanjut di depan kantor Camat Madapangga. Aksi massa sempat ricuh karena para pemuda tersebut hendak menutup ruas jalan , setelah tidak bertemu Kades dan Camat Madapangga.  Sejumlah aparat kepolisian yang mengetahui rencana massa berupaya menghalangi blokade jalan raya.

Dalam orasinya koordinator aksi Qaidul Fani menyampaikan para pemuda melihbat banyak masalah yang terjadi di Desa Dena. Untuk aliansi pemuda bergerak untuk melakukan aksi.

“Maka dari itu kami sebagai warga dan pemuda yang ada di Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima ingin mengetahui pengalokasian anggaran dana desa. Sebab di RT 21 kami serasa dianaktirikan karena kurangnya perhatian dari Pemdes Dena,” katanya.


Menurutnya, salah bentuk diskriminasi itu adalah akses gang yang tidak layak lagi dilalui masyarakat. padahal gang tersebut adalah satu-satunya jalan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat RT 21.

Massa juga menyoal pelaksanaan kegiatan pemagaran perkarangan rumah warga sudah selesai, namun  sebagian pekerjaan pagar di RT 21 Desa Dena belum diselesaikan.
Kepala Desa Dena Syamsuddin HAR yang menanggapi sorotan massa dengan menanda tangani surat pernyataan setuju membenahi akses jalan gang di RT 21.

Dijelaskannya,  berkaitan anggaran pemagaran perkarangan rumah warga totalnya Rp100 juta dengan yang dialokasikan untuk kegiatan pemagaran 86 rumah warga.
Aksi massa berakhir setelah penanda tanganan surat pernyataan dari Kades. [IN]