17 Bakal calon Kades Ikuti Tahapan Seleksi Akademik

Iklan Semua Halaman

.

17 Bakal calon Kades Ikuti Tahapan Seleksi Akademik

Selasa, 17 September 2019
Suasaana Seleksi Akademik Bakal Calon Kepala Desa yang Berlangsung di Aula Kantor Bupati Bima, Senin (16/9/2019) lalu. Foto US Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Sebanyak 17 bakal calon kepala desa (Bakades) mengikuti tahapan seleksi akademik yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDES) Kabupaten Bima di Aula Kantor Bupati Bima, Senin (16/9/2019).

Selain Sekda Kabupaten Bima Drs H Taufik, M.Si, kegiatan seleksi juga dipantau langsung Kepala DPMDes, Tajuddin SH, Kabid Pemdes Faisal SE MM, Kepala Bakesbangpol, Edy Tarunawan SH dan panitia Pilkades.

Kepala DPMDES Kabupaten Bima Tajudin SH, M. Si mengatakan, 17 orang bakal calon kepala desa mengikuti seleksi akademik, merupakan peserta Pilkades yang lebih dari lima orang calon dan mempunyai nilai angka yang sama pada saat seleksi awal.

“Kegiatan seleksi akademik ini juga dihadiri oleh ketua dan panitia Pilkades, didampingi Muspika dan Muspida. Mereka hadir untuk menyaksikan objektif penyelenggaraan seleksi ini,” katanya di Aula Kantor Bupati Bima.

Dikatakannya, Bupati Bima telah membentuk tim penyusun naskah soal dari kalangan akademisi, namun sejak dibentuk mereka bekerja selama dua hari. “Kerja tim ini tidak bisa diintervensi oleh siapapun, apa yang dilakukan benar-benar tidak diintervensi. Selesai dilaksanakan seleksi akan dilakukan pemeriksaan langsung oleh panitia masing-masing 
desa dan diumumkan langsung,” katanya.

Ditegaskannya, siapa yang mendapatkan nilai tertinggi masing-masing desa itulah yang ditetapkan sebagai calon yang lulus. “Itu ketetapan akhir dan tidak bisa diganggugugat oleh siapapun,” katanya.

Sekda Kabupaten Bima Drs H Taufik, M. Si mengatakan, pihaknya mengimbau supaya seleksi akademik harus diperoleh yang terbaik. Dirinya percaya tim yang dibentuk memiliki kredibelitas dan tidak bisa diintervensi kinerjanya oleh siapapun.

“Pilkades adalah agenda besar bagi daerah, dalam suasana ketenangan, peserta harus kosentrasi untuk menentukan nasib sendiri,” katanya.

Peserta seleksi akademik bakal calon kepala desa berasal dari Desa Ncera Kecamatan Belo, Desa Maria Utara, Desa Sumi Kecamatan Sape, Desa Piog Kecamatan Sanggar, Desa Samili Kecamatan Woha,  dan Desa Sampungu Kecamatan Soromandi.

Hasil seleksi tersebut, sejumlah bakal Cakades dinyatakan lolos yang meraih nilai tertinggi, sedangkan sebagian dinyatakan tidak lolos. Kegiatan seleksi akademik hingga pengumuman berlangsung kondusif. [MR/US]