57 Kader HMI Komisariat Lafran Pane Ikuti Basic Training LK1

Iklan Semua Halaman

.

57 Kader HMI Komisariat Lafran Pane Ikuti Basic Training LK1

Senin, 30 September 2019
Saat penyampaian materi. Foto RIS
Bima, Berita11.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Lafran Pane Cabang Bima Kota menggelar pelantikan sekaligus Latihan Kader 1 (LK1) atau Basic Training yang diikuti 57  kader.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kelurahan Sarae Kota Bima selama tiga hari, dari mulai Jumat-Minggu (27-29/9/2019) dengan mengusung tema “Kontekstualisasi NDP sebagai Landasan Perjuangan HMI di Era Four Point Jero".

Ketua Pelaksana LK 1 melalui Ketua Bidang Pembinaan Anggota, Muaidin kepada Berita11.com mengatakan, tujuan utama dibentuk pengkaderan untuk membetuk kepribadian anggota baru sesuai bunyi tema yang diangkat.

"Terbinanya kepribadian muslim yang berkualitas, akademis sadar akan fungsi dan perannya dalam berorganisasi serta tanggung jawab mereka sebagai kader umat  dan kader bangsa," kata Muaidin.

Muaidin menjelaskan, sebagai bentuk ciri khas HMI itu sendiri adalah harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap umat maupun bangsa, sehingga kader itu lebih mengetahui peran maupun fungsinya sesuai apa yang mereka dapat sepanjang menggali ilmu dan pengetahuan dalam berorganisasi.

LK1 sedang berlangsung di aula kantor Lurah Sarae Kota Bima. Foto RIS

"Dalam setiap perkaderan itu sendiri mereka lebih tahu peran dan fungainya, bahwa mereka tidak berfungsi secara individual saja tetapi harus berfungsi di tengah-tengah masyarakat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai maupun ilmu yang mereka dapat selama perkaderan," jelasnya.

Usai mengikuti basic training,  seluruh kader akan mengikuti pendalaman kembali setiap materi yang diajarkan  (full up). Hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kader itu mendalami ilmu yang diterapkan.

"Setelah ini, kami coba mengupgrade kembali ilmu selama LK1 ini, karena efektifitas dan efisiensi waktu juga tidak bisa menjamin bahwa turunan materi LK1 di HMI tidak sampai pada kesimpulan dalam arti tidak mampu diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat," tandasnya.

Pria yang juga sebagai tim master atau pengelola materi LK1 ini berharap mahasiswa atau kader HMI yang baru bisa mencapai tujuan utama  LK1 sesuai tema dan materi yang disampaikan.

"Harapan kami, semua anggota baru bisa berada pada tujuan tadi, menjadi pribadi muslim berkualitas akademik, atau pribadi di dalamnya terinternalisasi nilai-nilai Islam baik untuk wilayah syariatnya maupun hakikatnya," harapnya. [RIS]