575 Lulusan Angkatan XIII STKIP Taman Siswa Bima Dikukuhkan sebagai Sarjana

Iklan Semua Halaman

.

575 Lulusan Angkatan XIII STKIP Taman Siswa Bima Dikukuhkan sebagai Sarjana

Minggu, 22 September 2019
Prosesi Wisuda Angkatan XIII Tahun 2019 STKIP Taman Siswa Bima di Auditorium Sudirman, Sabtu (21/9/2019).


Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima menggelar rapat senat terbuka wisuda sarjana angkatan XIII Tahun 2019 di Auditorium Sudirman, kampus setempat, Sabtu (21/9/2019). Pada prosesi bertajuk Sarjana Beradab Berjiwa Wirausaha Menghadapi Era Industri 4.0, sebanyak 575 lulusan dari tujuh program studi (Prodi) dikukuhkan sebagai sarjana pendidikan.

Rincian 575 orang yang diwisuda terdiri dari S1 PGSD sebanyak 259 orang, Pendidikan Sejarah, 31 orang, Pendidikan Matematika, 33 orang, Bahasa Inggris, 33 orang, Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) 54 orang, Pendidikan Penjaskerek 141 sarjana dan Pendidikan Fisika 24 sarjana.

Dalam orasinya berjudul 13 tahun STKIP Taman Siswa Bima, sarjana beradab berjiwa wirausaha menghadapi era industri 4.0, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si menyampaikan kampus setempat sebagai bagian dari lembaga pendidik tenaga kependidikan terus berupaya melakukan perubahan dan perbaikan dari sisi fasilitas, tenaga pendidik (dosen), kualitas pembelajaran maupun penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Hal-hal tersebut bertujuan agar STKIP Taman Siswa Bima dapat menjadi kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensi diri agar lulusannya menjadi manusia berkualitas yang dapat bermanfaat untuk masyarakat, meskipun kekurangan demi kekurangan tetap ada di setiap aspek.

Pada bidang pendidikan dan pengajaran, STKIP Taman Siswa Bima telah banyak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah dengan mengundang tokoh baik dari dalam maupun luar negeri, antara lain kuliah tamu dengan mengundang Konjen AS, Menteri Perhubungan RI, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD), Manager Intel Comp. ID dan lain. Selain itu, STKIP Taman Siswa Bima juga menyelenggarakan pertukaran mahasiswa program DIKTI, studi banding pada berbagai kampus baik mahasiswa maupun dosen, pendampingan rutin mahasiswa bidikmisi, pembentukan generasi BERADAB melalui iklim zikir dan kelas beradab.

Ibnu mengatakan, pada tanggal 19 September 2019 merupakan Dies Natalis ke-13 STKIP Taman Siswa Bima 2007-2019. Pada dies natalis yang ke-13 tersebut, sekaligus empat tahun jabatan dirinya sebagai ketua STKIP Taman Siswa Bima telah banyak capaian-capaian serta perubahan yang dihadirkan. 75 persen rencana kerja jabatan telah dicapai seiring dengan tata kelola kelembagaan yang 100 persen telah distandarisasi sesuai dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). Pecapaian tersebut terdiri dari lima pencapaian utama yaitu;

Pertama, untuk memperluas jejaring internasional dalam meningkatkan kualitas SDM dan lulusan, pada tahun 2019 ini STKIP Taman Siswa Bima telah melaksanakan nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/MoU) dengan empatperguruan yang ada di Malaysia dan Filipina dalam bentuk saling menguatkan tri darma perguruan tinggi.


Kedua, STKIP taman Siswa selama empat tahun berturut-turut meluluskan leih dari 75 persen sarjana dengan tepat waktu, termasuk sarjana yang diwisuda Sabtu 21 September 2019. “Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studinya tepat waktu selama empat tahun atau delapan semester menjadi sarjana yang beradab dan berjiwa wirausaha,” katanya.

Dikatakannya, poin ketiga pencapaian kampus setempat selama empat tahun kepemimpinan dirinya sebagai Ketua STKIP Taman Siswa Bima, lebih dari 75 persen lulusan telah terserap di dunia kerja, baik di sektor formal maupun informal sebagai guru, PNS, aparat desa, pegawai bank dan sektor wira usaha. 

STKIP Taman Siswa Bima tidak hanya mencetak sarjana yang mengusai IPTEK di bidang pendidikan, tetapi juga para lulusan disiapkan untuk menjadii teacher preneur, dengan memanfaatkan kemampun yang dimiliki dan yang diasah melalui matakuliah kewirausahaan untuk menjadi wirausaha-wirausaha muda kreatif yang memanfaatkan revolusi industri 4.0 melalui berbagai media sosial yang ada untuk mendukung wirausaha.

“Saat ini kita mengenal dunia start up/online untuk mempromosikan dagangan dan lain sebagainya. Lulusan terbaik PTI tahun ini mengembanagan aplikasi seperti Grab dan Go JEK untuk kabupaten Bima, ini jika dikembangkan akan menjadi lahan bisnis yang profit dan besar,” katanya.

Poin keempat, lulusan angkatan ke-13 adalah lulusan terbaik dan terbanyak sepanjang sejarah STKIP Taman Siswa Bima berdiri. Oleh karena itu, pihaknya menyampaiakan ucapan terima kasih kepada orang tua mahasiswa yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk mendidik putra dan putrinya di kawasan candradimuka STKIP Taman Siswa Bima yang memiliki visi besar pendidikan untuk peradaban (education for civilication). “Tanpa kepercayaan yang besar dari bapak,ibu orang tua wali, kami tidak dapat berkembang dan melakukan pencapaian-pencapaian besar ini,” katanya.

Kelima, STKIP Taman Siswa Bima selalu memberikan perhatian besar bagi lulusan dan alumninya untuk mengembangkan dirinya secara luas didukung oleh Program NTB Gemilang yang dicanangkan Gubernur NTB yang dibuktikan pada tahun 2019, setidaknya lima alumi STKIP Taman Siswa Bima berhasilmendapat beasiswa studi magister di Malaysia melalui Program 1000 beasiswa luar negeri NTB Gemilang.

“Selain berbagai pencapaian di atas, untuk mendukung Program literasi Pemerintah Kabupaten Bima, STKIP Tmaan Siswa melalui kegiatan KKN PPL terpadu telah menjalankan program literasi yang melibatkan sediktnya 3000 peserta literasi di lokasi KKN yang tersebar pada berbagai kecamatan di Kabupaten Bima,” katanya.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah VIII Puji Progres STKIP TSB

Pejabat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah VIII Kementerian Ristek DIKTI, Dra Putu Anggraini Sri Andayani MM memuji progres perkembangan kampus STKIP Taman Siswa Bima. Hal itu dilihat dari berbagai upaya dan terobosan (inovasi) yang dilakukan Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si. Misalnya melaksanakan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia serta luar negeri.


Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si juga berhasil meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa melalui terobosan-terobosan menggenjot profesionalisme dosen lewat proses seleksi yang ketat. Kemampuan dosen selalu dijaga diuji.

“Kemudian pengembangan dari STKIP Taman Siswa Bima kami lihat dari akreditasinya, ada di dosenyna dan ada pada mahasiswa yang diterima. Ppengemangan ke depan, manfaatnya itu untuk masyarakat dan mahasiswa itu sendiri,” ujar perwakilan LL DIKTI Wilayah VIII.

“Karena saya bercermin pada pak ketuanya yang begitu lincah dan didukung dari dosen-dosenya untuk memajukan STKIP Taman Siswa ini. Seperti yang disampaikan Ketua STKIP Taman Siswa Bima bahwa sudah ada peningkatan dan perubahan bentuk, meningkat dari sekolah tinggi ke universitas, pastinya kita sangat dukung dan apresiasi,” katanya.

Prosesi wisuda angkatan XIII Tahun 2019 STKIP  Taman Siswa Bima berlangsung khidmat dan meriah diiringi paduan suara mahasiswa kampus setempat serta kolaborasi instrumen musik violen dan orgen. Ratusan orang tua wisudawan tampak terharu melihat putra putri mereka dikukuhkan sebagai sarjana.

Pada sesi akhir prosesi wisuda, juga diputar ucapan selamat Rektor kampus di Filiphina bagi para wisudawan angkatan XIII STKIP Taman Siwa Bima dan video profil wisudawan terbaik. [RD]