823 Maba UNW Mataram Ikut PERTAMA

Iklan Semua Halaman

.

823 Maba UNW Mataram Ikut PERTAMA

Sabtu, 07 September 2019
Kegiatan PERTAMA di Kampus Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.


Mataram, Berita11.com— Pekan Risalah dan Ta'aruf Mahasiswa (PERTAMA) merupakan kegiatan peserta didik pada jenjang perguruan tinggi di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram lebih Familiar disebut Ospek.

Sebanyak 820 Mahasiswa baru mengikuti kegiatan tersebut dan rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan pertama dibuka langsung Rektor UNW Mataram TGH Lalu Gede M Aliwirasakti MA bertempat di Aula Universitas Nahdlatul Wathan Mataram  dan dihadiri seluruh civitas akademika dari seluruh fakultas yang ada, Jumat (6/9/2019).

Rektor UNW Mataram dalam sambutannya menyapaikan ucapan selamat datang  pada seluruh mahasiswa baru yang mengikuti PERTAMA. Kegiatan ini diharapkan mampu mencetak mahasiswa yang berkarakter sehingga mampu memikirkan kemajuan bangsa dan negara.

“Alhamdulillah, saya ucapkan selamat datang di kampus UNW Mataram, insyaallah barokah. Melalui kegiatan ini, saya ingin menyampaikan harapan kepada seluruh yang ada di ruangan ini, lebih-lebih anak-anakku mahasiswa baru, melalui kegiatan PERTAMA ini, mampu mencetak  investasi sumber daya bangsa tercinta ini,” katanya.

“Semoga dari ruangan ini kalian sudah mempunyai pikiran-pikiran ke depan untuk mampu melakukan hal-hal yang menjadi kemaslahatan orang banyak, tentu juga mampu berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara, sebagaimana yang diamanatakan oleh pendiri-pendiri bangsa, juga titipan amanat untuk kita semua oleh pendiri Universitas Nahdlatul Mataram almaghfurlah maulanasyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid, untuk terus memperjuangkan tatanan sosial kemasyarakatan yang baik,” lanjutnya.

Selain itu Gede Sakti, sapaan akrabnya menyampaikan pentingnya kegiatan pengenalan kampus. Sesuai amanat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Riset Dikti, No 143/B/SE/VII/2019 tentang sistem pendidikan di Indonesia, nilai dan norma kebudayaan, etika, serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh perkuliahan di UNW.

Selanjutnya Rektor UNW mengatakan,  PERTAMA merupakan kegiatan awal pada jenjang perkuliahan, untuk mengenalkan dunia akademik, hak dan kewajiban mahasiswa serta hal lain. Hal tersbut sebagaimana  tertera pada amanat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Riset Dikti tahun 2019.

Turut hadir dan berbagi motivasi pada kegiatan tersebut, wakil rektor I, TGH Lalu Muhyi Abidin, MA.

Ia mengatakan, mahasiswa penting mampu berbuat apa yang dikehendaki masyarakat, Menurutnya, mahasiswa dituntut tidak hanya mampu melaksanakan apa yang menjadi disiplin keilmuannya.

Lebih jauh, Rektor UNW diingatkannya, bahwa sebagai mahasiswa melekat pikiran masyarakat. Mahasiswa mampu melaksanakan segalanya, meskipun belum tentu apa yang dipikirkan masyarakat itu tidak pernah dipelajari.

“Untuk itu, rajin-rajinlah belajar, membaca buku, berdiskusi, atau kalau bisa silahkan masuk pada oraganisasi-organisasi kemahasiswaan sebagi wadah untuk belajar diluar bangku akademik,” pesannya.

Terpisah , ketua panitia M Lukmanul Hakim,  menjelaskan  PERTAMA berjalan sesuai harapan. Panitia melaksanakan sesuai dengan kesepakatan yang ada. Diharapkan mahasiswa baru mampu memajukan UNW Mataram dan Nahdlatul Wathan (NW) pada masa mendatang.

“Alhamdulillah lancar, panitia ini energik dan telah melaksanakan sesuai yang menjadi kesepakatan bersama, ya kita harap mahasiswa baru ini ke depannya mampu memajukan kampus tercinta ini dan juga Nahdlatul Wathan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut ditutup bersama membaca doa dan diakhiri dengan foto bersama rektor juga seluruh sivitas akademika dengan panitia pelaksana. [RD]