Aliansi Pemuda Wilamaci Desak Pemrov NTB dan Pemkab Bima Perbaiki Jembatan

Iklan Semua Halaman

.

Aliansi Pemuda Wilamaci Desak Pemrov NTB dan Pemkab Bima Perbaiki Jembatan

Kamis, 26 September 2019
Aparat Kepolisian Membuka Material Penutup Ruas Jalan di Desa Walimaci Kecamatan Monta.


Bima, Berita11.com— Massa Aliansi Pemuda Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima yang dipimpin Arif Rahman menggelar aksi unjuk rasa dan penutupan ruas jalan di desa setempat, Kamis (26/9/2019) pagi. Massa mendesak pemerintah segera membangun jembatan di desa setempat yang telah lama rusak.

Dalam orasinya, Arif Rahman mendesak Pemrov NTB dan Pemkab Bima segera memperbaiki jembatan di Dusun Tangga Ombo Desa Wilamaci. “Kami menilai pekerjaan Pemprov NTB lamban dalam menanggani keluhan warga,” katanya.

Menurutnya, jembatan di dusun setempat merupakan akses utama masyarakat Monta Dalam Kabupaten Bima, sehingga kondisi jembatan yang rusa menghambat geliat perekonomian masyarakat.

“Harap agar jembatan ini segara diperbaiki. Karena hanya jalur ini yang digunakan masyarakat,” katanya.

Setelah berorasi, massa menutup ruas jalan di jembatan dengan menanam pohon pisang dan kayu. Massa mendesak pemerintah daerah menemui mereka dan menyampaikan tanggapan atas tuntutan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Kapolsek Monta IPTU Takim berupaya menegosiasi massa agar membuka material penutup ruas jalan. Namun massa tetap melanjutkan penutupan ruas jalan dan mendesak pemerintah agar menemui mereka serta mendantangani surat pernyataan segera membenahi jembatan setempat.

Selain mengimbu massa agar membuka ruas jalan yang ditutup, Kapolsek menjelaskan bahwa Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTB sudah mengecek kondisi jembatan setempat yang rusak. Pihaknya sudah menyampaikan kepada pejabat tersebut agar memprioritas perbaikan melalui anggaran pada tahun 2020.

Sementara itu, Camat Monta Muhtar SH menjelaskan pemerintah setempat sudah menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemrov NTB. upaya-upaya yang dilaksanakan pemerintah kecamatan yatiu berkoordinasi dengan Pemrov NTB.

“Karena jembatan tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi untuk memperbaikinya, karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi. Pemerintah Kecamatan Monta sudah berupaya untuk menghadirkan pihak PUPR Provinsi NTB, sehingga kemarin Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTB langsung turun meninjau lokasi ini,” katanya.

Setelah upaya mediasi oleh aparat kepolisian dan pemerintah kecamatan, penutup ruas jalan kembali dibuka sekira pukul 13.00 Wita. Arus lalu lintas kembali lancar. [R]