Baru Jadi Kepsek, Hardiyanto Mampu Ciptakan Sekolah yang Aman, Nyaman dan Efektif

Iklan Semua Halaman

.

Baru Jadi Kepsek, Hardiyanto Mampu Ciptakan Sekolah yang Aman, Nyaman dan Efektif

Selasa, 03 September 2019
Kepala SD Negeri 24 Dompu, Hardiyanto Ishaka, S.Pd setelah memberikan keterangan pers. Foto RIS

Dompu, Berita11.com - Luar biasa, keberhasilan seorang Kepala Sekolah (Kepsek) Hardiyanto Ishaka, S.Pd patut diacungi jempol. Pasalnya, belum sampai dua bulan menerima kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Dompu NTB untuk memimpin SD Negeri 24 Dompu mampu merubah sekolah menjadi sekolah ideal.

Tentu selama dalam kurung waktu bisa dibilang cukup singkat ini, dari hasil pantauan Berita11,com terlihat banyak sekali perubahan yang dilakukannya, terutama perubahan fisik gedung sekolah yang sebelumnya kusam kini terlihat lebih cerah, indah, bersih, aman dan nyaman.

Tak hanya itu, Hardiyanto juga berhasil mendongkrak kemajuan pendidikan di sekolah yang baru ia pimpin seperti sistem Kegiatan Belajar Mengajar, sehingga mutu pendidikan di sekolah itu bisa dicapai.

Hardiyanto saat ditemui di ruang kerjanya kepada Berita11.com mengatakan, hal yang utama dilakukan adalah kenyamanan untuk peserta didik terutama suasana Cat sekolah agar peserta didik lebih bersemangat lagi untuk belajar dan itu memang ada dalam benak Hardiyanto sebelum menduduki jabatan sebagai Kepsek.

“Saya sudah dikasih kepercayaan, jadi saya harus tunjukan bahwa kepala sekolah yang muda itu nggak kalah dengan kepala sekolah senior, dan sebelumnya memang ada dalam pikiran saya untuk merubah sekolah baik fisik maupun mutu pendidikan, supaya orang tua siswa mau menyekolahkan anaknya di sini.” beber Hardiyanto, Selasa (3/9/19) siang.
 
Taman Literasi dan Numerasi yang diberi nama "Lembo Ade" Foto RIS
Selain mendongkrak mutu pendidikan dari mulai pembinaan guru hingga pembelajaran peserta didik, Hardiyanto juga menyiapkan bantuan seragam sekolah bagi orang tua siswa yang tidak mampu khusus siswa dan siswi yang baru. Hal itu dilakukan supaya orang tua siswa betah menyekolahkan anaknya di SD Negeri 24 Dompu.

“Selain saya merubah fisik dan mutu pendidikan, saya juga meberikan bantuan berupa seragam sekolah kepada orang tua siswa, ini sebagai nilai jual saya, jika kita meminta orang tuanya untuk menyekolahkan anaknya di sini sementara tidak ada nilai jual, kan tidak ada daya tarik,” ujarnya.

Selain Perubahan fisik, Hardiyanto juga membangun taman literasi dan Numerasi yang diberi nama “Lembo Ade” dengan tujuan untuk pembelajaran siswa dan siswi ketika jam kosong. Disinggung terkait anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD Negeri 24 Dompu hanya menerima senilai Rp13.120 juta per triwulan sesuai banyak peserta didik. 

“Murid di sini hanya 70 lebih orang hasil dari siswa itulah yang kami terima melalui dana BOS, saya juga sudah naikan honor guru melalui dana BOS supaya guru mempunyai semangat dalam mengajar,” terangnya.  

Dengan adanya perubahan yang cukup signifikan ini, diharapkan terhadap Pemerintah Daerah lebih khusus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk bisa mendukung kemajuan mutu pendidikan, terutama sarana dan prasarana pendidikan.
 
Tampak depan Gedung SD Negeri 24 Dompu. Foto RIS
“Kami ada sedikit yang kurang yaitu sarananya seperti bangku dan kursi untuk murid, itu yang masih kurang. Dimohon untukpemerintah bisa melihat apa yang menjadi kekurangan kami,” pungkasnya.

Sementara, salah satu guru Honorer Ida Kusmiati, S.Pd menuturkan, pihaknya sangat bersyukur terhadap perubahan sekolah lebih-lebih honor yang diterima melalui dana BOS sekarang sedikit meningkat.

“Kepala Sekolah yang baru ini tidak ada yang diinginkan lagi, selain perubahan fisik sekolah honor kami juga ditambah sebelumnya hanya Rp250.000 saja, sekarang dilipatkan menjadi Rp500.000 per triwulan,” bersyukurnya.

Penuturan senada disampaikan A. Haris yang merupakan salah satu tenaga kependidikan Tata Usaha (TU) di sekolah tersebut, ia merasa bersyukur dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kepala sekolah yang baru karena telah menunjukan suatu perubahan.

“Saya sangat bersyuku, dan memberikan apresiasi yang tinggi, karena perubahan ini bukan hanya wacana saja tetapi kita semua bisa melihat, begitu juga gaji honorernya dinaikan, kami semua cukup berterima kasih,” ucapnya. [RIS]